6 Jenis Makanan Ikan Bawal Yang Sangat Bagus Untuk Budidaya

Diposting pada

6 Jenis Makanan Ikan Bawal Yang Sangat Bagus Untuk Budidaya – Ikan bawal adalah ikan air tawar yang berasal dari perairan sungai Amazon dan Orinoko di Amerika Selatan. Selain dapat dijumpai dihabitat aslinya, ikan bawal juga telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Penyebaran itu dikarenakan oleh maraknya budidaya ikan bawal. Di Indonesia, dikenal 2 jenis ikan bawal, yaitu: Collosoma macropomum dan Colossoma bracipommum. Ikan bawal didunia internasional dikenal dengan sebutan black pacu, cachama atau tambaqui.


Asal Usul Ikan Bawal

ikan bawal

Di sungai amazon dan orinoko amerika selatan merupakan habitat asli ikan bawal. Di kedua sungai itu, bawal dapat ditemui di sepanjang sungai mulai dari hulur sampai ke hilir. Pada daerah lain selain habitat asalnya, bawal lebih sering dijumpai ditempat budidaya perairan, seperti ditambak, kolam, tangki dan karamba.


Klasifikasi Ikan Bawal

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub-Filum: Craniata
Class: Pisces
Sub-Class: Neopterigii
Ordo: Cypriniformes
Sub-Ordo: Cyprinoidea
Famili: Characidae
Genus: Colossoma
Species: Colossoma macropomum


Habitat Ikan Bawal

Ikan bawal yang berasal dari amerika selatan sekarang telah menyebar keseluruh dunia. Kemampuan adaptasi bawal terhadap lingkungan barunya merupakan salah satu alasan kenapa bawal cepat menyebar ke tempat-tempat lain. Bawal tidak membutuhkan persyaratan yang spesifik untuk hidup. Bawal juga tahan terhadap penyakit.


Kondisi Air

Ikan bawal bisa hidup di air yang bergerak (mengalir) atau air yang tidak banyak bergerak (tenang). Pada kondisi ekstrim dimana air mengalir deras, bawal juga tetap bisa menyesuaikan diri. Maka pergerakan air tidak terlalu menjadi masalah untuk ikan bawal.

Agar ikan bawal dapat berkembang dengan baik, maka diperlukan kondisi air yang mirip dengan habitat aslinya. Syarat utama agar bawal dapat tumbuh dengan sehat dan optimal adalah air yang jernih, oksigen cukup, tidak terkandung mineral berat. Di sisi lain bawal juga dapat hidup dalam kondisi air yang kotor. Hanya saja pertumbuhan akan menjadi terhambat dan perkembangan tidak dapat optimal.

Karakteristik Ikan Bawal

ikan bawal apabila dilihat dari bentuk fisiknya mempunyai struktur tubuh dan ciri-ciri yang mirip dengan piranha. Sering kali orang-orang salah mengartikan jika bawal adalah piranha karena mereka sama-sama memiliki struktur gigi yang besar dan tajam.

Ikan bawal memiliki bentuk tubuh tegak dan berwarna abu-abu ketuaan. Pada bagian sisik berbentuk cycloid yaitu melingkar dengan pola yang sama. Bawal mempunyai tubuh panjang dan ukuran mata lebar. Bawal juga mempunyai insang yang luas permukaannya lebih besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Struktur insang dengan luas permukaan besar itulah yang dapat memungkinkan bawal hidup dikondisi air yang rendah oksigen.


Proses Perkembangbiakan

Untuk menjadi induk betina, ikan bawal membutuhkan waktu pertumbuhan yang cukup lama sekitar 4-5 tahun dalam kondisi yang ideal. Pada kondisi yang kurang baik, maka waktu yang ditempuh untuk menjadi dewasa akan jauh lebih lama. Bahkan, induk betina bisa tidak menelurkan telur sama sekali. Oleh karena itu kondisi lingkungan sangat berpengaruh didalam proses perkembangbiakan.

Jika dilihat secara kasat mata, induk betina yang siap berpijah dengan yang tidak sulit untuk dibedakan. Pada kondisi dimana induk bawal betina setelah makan dan bawal yang telah matang gonad akan sama-sama menunjukkan pembesaran pada bagian perut. Untuk itu diperlukan observasi lebih lanjut sehingga kita dapat mengetahui apakah bawal betina telah benar-benar matang gonad.

Salah satu ciri-ciri ikan bawal betina matang gonad yaitu pada bagian kelaminnya akan berwarna kemerahan. Agar lebih pasti, maka kita dapat menggunakan kateter untuk mengambil sedikit telur sebagai sampel. Cara melakukannya: Masukkan kateter ke lubang kelamin betina secara perlahan-lahan.

Lakukan eksaminasi telur yang telah diambil. Jika telur berbentuk bulat dan berwarna kehijauan, maka itu menandakan bahwa induk bawal betina telah matang gonad. Kemudian pada induk bawal jantan yang telah matang gonad pada bagian dadanya akan berwarna merah bersinar.


Larva ikan bawal

Kondisi lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan larva ikan bawal. Larva yang menetas saat musim dingin memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan larva yang menetas saat musim panas. Telur yang fertil (telah dibuahi oleh sperma) lebih cepat berkembang saat musim panas. Saat musim dingin, proses pembentukan dari sel telur menjadi larva menjadi terhambat. Pada kondisi dingin ekstrim, proses pembentukan larva akan terhenti sepenuhnya.

Setiap larva ikan bawal mempunyai sumber makanan berupa kuning telur pada bagian perut. Kuning telur itu adalah sumber makanan utama dan satu-satunya. Larva bawal tidak bisa memakan sumber makanan lain karena rongga mulutnya belum terbuka. Rongga mulut akan terbuka setelah 3 – 4 hari, setelah cadangan makanan berupa kuning telur habis.

Pada saat masih berbentuk larva, ikan bawal tidak memiliki pigmen kulit. Oleh sebab itu, larva sangat rentan terhadap radiasi sinar matahari. Tempat yang teduh, gelap, dan terlindungi dari pancaran sinar matahari merupakan syarat agar larva dapat hidup dengan sehat. Apabila kalian membudidayakan ikan bawal, maka buatlah tempat yang tertutup dari sinar matahari agar proses perkembangbiakan larva bisa berjalan dengan sempurna.


Penangkapan Ikan Bawal

Harga ikan bawal memang relatif tinggi dipasar ikan. Selain dijual dalam bentuk segar, bawal juga dijual dalam bentuk beku. Rasa daging yang unik menjadikan ikan ini disukai masyarakat.


Budidaya Ikan Bawal

Spesies merupakan salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan di brazil. Hal ini disebabkan karena bawal dapat hidup dalam kondisi air yang jelek sekalipun. Ikan bawal juga tahan terhadap penyakit dan pemeliharaannya mudah, itulah yang alasan kenapa ikan ini menjadi favorit para pembudidaya akuakultur.

Disisi lain, budidaya akuakultur yang masif mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri. Melalui akuakultur, maka populasi ikan bawal yang hidup dihabitat aslinya tidak akan terganggu. Kebanyakan ikan bawal ditangkap melalui akuakultur sehingga kita tidak perlu khawatir akan terjadinya overfishing. Bahkan seiring dengan berkembangnya teknologi, budidaya ikan bawal melalui akuakultur ini juga terbukti sustainable atau bisa dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan.

Meskipun begitu, akuakultur juga memiliki sisi negatif. Ikan yang bertumbuh di habitat buatan, terisolasi dari dunia luar, akan menunjukkan perubahan sifat genetik seiring dengan berjalannya waktu. Ikan itu akan mempunyai karakteristik dan sifat yang berbeda dengan ikan yang hidup di habitat aslinya. Ketika ikan dari akuakultur secara tidak sengaja lepas dan masuk ke ekosistem asli, maka ikan tersebut memiliki potensi besar untuk mengubah keanekaragaman hayati yang sudah terbentuk.

Sering kali spesies akuakultur bisa merusak ekosistem yang sudah ada. Spesies asli bisa tergeser oleh kehadiran spesies akuakultur. Kondisi ekosistem yang sudah terjaga bisa saja berubah total karena adanya kehadiran spesies baru.


Makanan Ikan Bawal

Karena organisme ikan bawal hidup diair, maka ikan bawal juga memerlukan makanan sebagai sumber nutrisi. Makanannya mulai dari udang, ikan-ikan kecil, dan serangga air. Selain memakan hewan, bawal juga memakan biji-bijian, buah-buahan, dan tanaman air. Dengan struktur gigi yang tajam, bawal akan dengan mudah mengunyah biji dan buah-buahan.

Diet ikan bawal yang berada dihabitat asli berbeda dengan bawal yang berada dibudidaya perairan. Bila dibudidaya perairan seperti di tambak, kolam, atau keramba, bawal akan diberi makanan sintetik seperti pelet sebagai makanan utama. Ikan bawal tidak terlalu selektif didalam memilih jenis makanan sehingga para pembudidaya tidak kesulitan untuk menyediakan sumber makanannya. Selain pelet, bawal juga suka diberi makanan berupa biji-bijian dan buah-buahan.

Ikan bawal dewasa dan larva mempunyai perbedaan dalam jenis makanannya. Ketika masih berbentuk larva, bawal tidak dapat memakan makanan apapun dari luar, karena larva bawal tidak memiliki rongga mulut. Jadi, sumber makanannya bergantung pada kuning telur yang terdapat pada bagian bawah perut. Selama kuning telur itu masih tersedia, maka larva akan terus memakannya hingga habis.

Baru setelah kuning telur habis, rongga mulut akan terbuka. Larva yang sudah melewati tahap ini akan mulai mencari makan berupa plankton. Khusus untuk pembudidaya ikan bawal agar selalu memperhatikan ketersediaan makanannya. Bawal yang lapar akan menjadi ganas dan dapat menyerang ikan-ikan lain yang lebih kecil. Pastikan makanan tersedia dengan cukup.


Makanan Ikan Bawal Supaya Cepat Besar

Kita akan pelajari satu persatu, dimulai dari makanan ikan bawal supaya cepat besar, dari harga pakan ikan bawal, makanan favorit ikan bawal air tawar, pakan pelet ikan bawal, makanan ikan bawal di aquarium, pakan pembesaran ikan bawal air tawar. Jika berbicara makanan ikan bawal supaya cepat besar, maka kita juga harus mengenal jenis-jenis pakan ikan bawal. Berikut jenis-jenis pakan ikan bawal:

Jenis-Jenis Pakan Ikan Bawal

Adapun jenis-jenis pakan ikan bawal adalah:

  • Pelet: Jenis pakan pelet ikan bawal di antaranya tipe FF999, 781-SP, 781-2, dan 781.
  • limbah sisa makanan atau restoran atau limbah bahan makanan atau pakan berupa lorotan
  • Cacing oligochaeta, Larva chironomus, tubifex dan berbagai jenis moluska.
  • Azzol
  • Ampas Kelapa
  • Daun dan atau Sayuran

Pakan Ikan Bawal dan Pakan Alternatifnya

Berikut makanan ikan bawal, dari harga pakan ikan bawal, pakan ikan bawal agar cepat besar, makanan ikan bawal kolam, cara pemberian pakan ikan bawal, pakan ikan bawal buat mancing, pakan pelet ikan bawal, sampai vitamin ikan bawal. Penggunaan pakan alternatif dan pakan utama dalam makanan ikan bawal ini memang patut diperhitungkan. Hal ini jika pakan mahal, maka produksi yang akan dilakukan tinggi.

Pakan alternatif ikan bawal juga memiliki peranan penting sebagai makanan ikan bawal supaya tumbuh besar. Misal seperti limbah bahan makanan. Untuk limbah bahan makanan ikan bawal ini biasanya limbah makanan yang tidak habis dimakan manusia. Jadi untuk dapatkan limbah makanan ini, selain dari limbah rumah tangga juga didapat dari rumah makan dan restoran.

Biasanya wujud makanan ikan bawal alternatif yang disenangi pengganti pelet di antaranya seperti roti. Maka banyak peternak yang memberikan makanan sisa atau roti yang telah kadaluwarsa. Makanan ikan bawal lainnya yang bisa digunakan, selain lorotan. Seperti, zooplankton untuk ikan bawal kecil atau makanan bibit ikan bawal.

Selanjutnya, setelah ikan bawal tumbuh lebih besar, ikan bawal mulai berkelakuan sebagai ikan pemakan. Pakan alternatif lainnya seperti jasad-jasad air yang hidup didasar perairan (bentos) seperti larva chironomus, cacing oligochaeta, tubifex, dan berbagai jenis moluska.


Kelemahan Pemberian Pakan Lorotan Untuk Ikan Bawal

Ada beberapa kelemahan dan kerugian dalam penggunaan pakan lorotan untuk makanan ikan bawal. Meski secara keuntungan dan kelebihan pakan lorotan untuk makanan ikan bawal memang lebih murah. Maka lebih menguntungkan proses budidaya.

Untuk itu, perlu diperhatikan, hal-hal berikut dalam pemberian pakan lorotan, di antaranya adalah:

  • Pemakaian lorotan mempunyai risiko yang sangat tinggi.
  • Lorotan tidak dapat diberikan kepada kolam yang airnya tenang sebab akan langsung mencemarinya.
  • Syarat mutlak penggunaan lorotan ini ialah air di dalam kolam harus mengalir.
  • Kenapa? Hal ini karena lorotan mengandung kadar minyak yang sangat tinggi. Namun, jika air kolam mengalir, lapisan minyak bisa hilang dengan sendirinya, karena terbawa arus.
  • Dan hal ini pun pastinya sangat berbeda jika air tidak mengalir. Karena lapisan minyak akan terbentuk di permukaan kolam. Jika sudah demikian, maka ukurannya akan menebal.
  • Apalagi jika pakan lorotan uyntuk ikan bawal tersebut tidak habis. Kondisi ini memungkinkan lapisan minyak menutupi insang ikan sehingga mengakibatkan ikan mati secara mendadak.

Waktu Pemberian Makanan Ikan Bawal

Dalam pemberian pakan, waktu pemberian atau jadwal pemberian pakan ikan bawal untuk menggunakan pakan alternatif jenis lorotan ini adalah dua kali dalam sehari. Pemberian makanannya dari pagi dan sore hari, jam pemberian pakan ikan untuk Bawal biasa dari jam 09 pagi dan jam 03 sore. Alasannya, karena pada waktu tersebut, suhu kolam hangat, jadi ikan bawal bergerak aktif.

Begitu juga dengan nafsu makan ikan bawal, yang diharapkan semua pakan alternaitf jenis lorotan yang ditabuyrkan dapat termakan habis dalam waktu dekat, jadi tidak berjamu di air. Hal ini pula membuat nafsu makan ikan meningkat tajam sehingga harapannya semua lorotan yang ditaburkan ke kolam habis dimakan oleh ikan dalam waktu cepat. Jadi tidak menjamur di air


Faktor Penting Pakan Ikan Bawal

Faktor-faktor yang berkaitan dengan makanan ikan bawal di antaranya adalah pemberian suplemen, pola pemberian pakan, pengontrolan, dan kebersihan air.


Suplemen Ikan Bawal

Pemberian suplemen pada ikan bawal juga penting. Baik dalam pembenihan maupun pembesaran. Suplemen ikan diberikan untuk meningkatkan selera makan ikan bawal. Suplemen yang digunakan bisa berupa gula, susu, atau madu yang dicampurkan dengan pelet ikan. Dosis pemberiannya, 1 sdm gula, 1 sdm madu, atau susu kental manis untuk 1 kg pelet.

Misal, caranya sebagai berikut, dalam produksi ikan bawal konsums 10.000 ekor benih atau setara 1 ton ikan bawal, maka susu yang terpakai atau digunakan sebanyak dua kaleng. Sementara, madu digunakan sebanyak 1 botol dan gula pasir 1,5kg. Yang perlu diingat, dalam pemberian suplemen harus diselang-seling. Jadi sehari diberikan sehari tidak. Tapi jika ingin cepat diberikan setiap hari.


Untung Rugi Budidaya Ikan Bawal

Hal ini tentunya dengan dasar anggaran untuk pembelian makanan ikan bawal harus ditekan serendah mungkin, karena harga jual ikan bawal di tingkat petani sangat murah dikisaran Rp9.500 – 12.000/kg atau bahkan bisa mencapai Rp15-20 ribu per kg. Maka, petani mensiasati selain menggunakan pakan pelet yang ditaksir harga pelet ikan bawal saat ini bisa mencapai Rp6 – 8 ribu per kg, petani bisa menggunakan pakan alternatif.

Tentu hal ini menguntungkan peternakan ikan bawal, khususnya peternak. Terlebih dalam sekarung limbah dapat digunakan untuk memberi pakan ke kolam yang berisi satu kuintal bibit ikan bawal ukuran 10 ekor/kg selama 2 – 3 hari. Selanjutnya, adalah sisa makanan dari restoran. Sisa makanan dari restoran ini disebut dengan lorotan. Limbah lorotan restoran atau tempat makan ini biasanya sampai Rp500 per kg.

Apalagi kalau sampai ada campuran sisa makanan dan roti kadaluwarsa harganya bisa Rp1000/kg. Sementara untuk harga sekarung campuran sisa makanan dan roti kadaluarsa dikemas dalam karungan 50 kg dihargai Rp50 ribu per kg nya. Nah petani ikan bawal bisa dapatkan pakan ini dari pengepul atau bisa langsung cari ke rumah-rumah makan dan pabrik roti.

Dengan pemberian pakan alternaitf ikan bawal di atas, setidaknya waktu yang dibutuhkan untuk membesarkan ikan bawal dari ukuran bibit sampai kondisi siap panen sekitar 2,5 – 3 bulan. Dan dengan pemberian makanan ikan bawal alternatif ini sebenarnya bisa menghemat pembiayaan produksi budidaya ikan bawal tiga kali lipat.

Sebab, setidaknya dengan anggaran sebesar itu pembelian lorotan atau makanan ikan bawal dalam bentuk lorotan/pakan sisa/roti kadaluwarsa per siklus pemeliharaan hanya mengeluarkan Rp2,25 juta. Namun jika menggunakan pelet ikan bawah bisa mencapai Rp9 juta. Tentu harga ini akan berbanding terblaik toh. Ini juga yang terjadi pada budidaya ikan lele. Karena menyangkut untung rugi budidaya ikan lele.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 6 Jenis Makanan Ikan Bawal Yang Sangat Bagus Untuk Budidaya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: