10 Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar dan Indah!

Diposting pada

10 Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar dan Indah! – Ikan guppy termasuk kedalam salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat, ikan ini pertama kali ditemukan di venezuela, guyana dan juga dikepulauan karibi pada tahun 1859.  Ikan ini memiliki bentuk indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan  bervariasi. Ikan ini termasuk kedalam ordo cyprinododontiformes dengan famili poeciliidae yang mempunyai nama latin poecilia reticulata. Namun, bersadarkan taksonomi ikan ini dapat diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut.


Klasifikasi Ikan Guppy

ikan guppy

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Cyprinodontiformes
  • Famili : Poeciliidae
  • Genus : Poecilia
  • Spesies : Poecilia reticulata

Morfologi Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai ukuran relatif jauh lebih kecil dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan jantan pada umumnya mempunyai panjang mencapai 2 hingga 3cm dan betina mencapai 4 hingga 6cm jauh lebih besar di bandingkan dengan ikan jantan. Selain itu, ikan guppy ini mempunyai warna yang sangat beragam dan juga bervariasi seperti merah, kebiruan, kekuningan dan juga silver serta kombinasi lainnya.

Ikan ini dapat juga berkembang biak dengan baik pada priode sekitar 21 – 20 hari dan tergantung dengan suhu air yang digunakan. Setiap ekor indukan ikan guppy ini mencapai 100 ekor benih atau anakan ikan guppy per periodenya, akan tetapi banyak yang mengalami kematian karena benih atau anakan ikan guppy sangat rentan terhadapat suhu air maupun lainnya yang dapat menyebabkan anakan ikan guppy mudah mati.


10 Makanan Alami Ikan Guppy

  1. Cacing Sutra

Tahukah sobat bahwa cacing sutra atau cacing rambut ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik dalam menunjang pertumbuhan ikan guppy. Cacing sutra bisa di temukan di sungai yang banyak lumpur dan humusnya. Atau dapat juga membeli ditoko ikan hias ataupun para penjual cacing sutra. Cacing sutra tergolong murah, akan tetapi pada saat musim hujan cacing sutra mengalami kenaikan harga.

Namun jika sobat ingin mencari ikan ini sendiri, tidak boleh di berikan langsung ke ikan guppy, tapi harus di karantina terlebih dahulu, karena jika tidak akan memunculkan bibit penyakit. Keugian dari cacing sutra sendiri membuat air aquarium cepat kotor.


  1. Microworm

Microworm atau cacing renik ini mempunyai warna putih dan ukuran yang kecil yaitu 1 hingga 8mm saja. Cacing yang mempunyai kandungan protein, gilicogen, lipids, asam organik dan air ini tentunya baik dalam penunjang pertumbuhan ikan guppy.


  1. Daphnia Magna

Daphnia Magna atau kutu air ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada kutu air lokal, bahkan di kenal dengan sebutan kutu air raksasa.  Walaupun daphnia magna ini berasal dari amerika utara, namun sekarang sudah banyak masyarakat yang membudidayakannya untuk dijual.


  1. Grindal Worm

Yang ke empat adalah Grindal worm atau cacing renik yang ukurannya lebih besar di banding Microworm. Ukuran dai grindal worm adalah 0.8cm hingga 1.5cm. Makanan guppy satu ini juga mempunyai nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan guppy.


  1. Artemia

Artemia adalah jenis makanan kesukaan ikan guppy yang tidak kalah bernutrisi. Namun harganya tergolong mahal dan memerlukan waktu tunggu untuk penetasan Artemia ini. Karena biasanya penjual hanya menjualnya masih dalam bentuk telur.


  1. Jentik Nyamuk

Pakan ikan guppy yang paling murah bahkan gratis adalah jentik nyamuk. Jentik nyamuk sangat mudah untuk di temukan. Sobat bisa mencari ke got got dan air yang menggenang. Namun nutrisi dari jentik nyamuk ini tidak kalah dengan jenis pakan lainnya.


  1. Blood Worm

Blood Worm atau yang biasa di sebut cacing darah ini sebenarnya adalah larva dari nyamuk Chironomus. Selain mengandung air makanan ini juga mengandung 62,5 % protein dan 10% lemak.


  1. Kutu air

Kutu air juga salah satu pakan yang mengandung protein sekitar 66% yang baik untuk pertumbuhan ikan guppy.


  1. Vinegar Eel

Vinegar Eel biasanya di budidayakan menggunakan cuka apel. Jenis pakan yang satu ini sangat di sarankan bagi banyak peternak, karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan guppy dan ikan cupang juga.


  1. Ganggang

Sudah di jelaskan bukan di atas bahwa ikan guppy tergolong omnivora. Guppy juga bisa memakan jenis tumbuhan seperti ganggang bahkan ganggang juga termasuk makanan kesukaan guppy.


Tips Mudah Budidaya Ikan Guppy

  • Dalam budidaya atau beternak ikan guppy ini sebaiknya harus memerhatikan kondisi suhu air maupun lingkungan dengan normak sekitar 27 Celcius untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal.
  • Dalam pembenihan, sebaiknya peternak harus melakukan pemisahan di kolam atau akuarium tertentu, bertujuan untuk mempermudahkan proses pemijahan pada ikan guppy tersebut.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 10 Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar dan Indah! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: