6 Jenis Makanan Ikan Nemo Air Laut dan Air Tawar!

Diposting pada

6 Jenis Makanan Ikan Nemo Air Laut dan Air Tawar! – Ikan Nemo sebuatan yang paling populer di Indonesia memiliki nama lain yaitu Clownfish. Kemudian ikan nemo juga banyak dikenal masyarakat dengan sebutan ikan badut. Ikan badut ini biasanya ditemukan berhubungan dengan anemon di Oseania, Indo-Pasifik, dan Great Barrier Reef. Hal ini dapat dijumpai secara individual atau lebih umum berpasangan atau kelompok kecil dalam anemon sama seperti heteractis magnifica atau stichodactyla mertensii.

Clownfish liar jarang akan melebihi 4 ½ inci dan jika dipelihara di akuarium atau diternak kan ukurannya jarang melebihi 3 ½ inci. Clownfish sering dikagumi apabila dilihat sedang bermain di anemon. Clownfish dan anemon tidak saling membutuhkan untuk bertahan hidup atau agar hidup bahagia. Dikarenakan anemon sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup intens dan lingkungan yang stabil didalam aquarium, ada baiknya untuk memilih anemon yang membutuhkan perawatan yang lebih kecil untuk clownfish itu.


Ciri Fisik

Ikan Nemo

Ikan badut berukuran mungil. Panjangnya sekitar 5 sampai 11 cm saja. Umumnya ikan badut berwarna jingga terang dengan dengan belang-belang putih. Perpaduan warna ini sangat kontras. Ikan ini memiliki sirip samping berbentuk agak bulat dengan garis pinggir hitam.


Habitat

Ikan badut hidup didasar laut dimana terdapat anemon. Anemon adalah tumbuhan laut yang memiliki tentakel beracun. Ikan badut banyak terdapat diperairan hangat dilautan tropis pasifik, laut merah, laut India dan great barrier reef australia.


Perilaku Sosial

Dalam kelompok ikan badut, terdapat dominasi seekor betina. Hanya ada satu pejantan dan satu betina dalam kelompok ikan badut. Ikan badut lainnya adalah jantan hermaprodit, artinya ia bisa berubah menjadi betina. Apabila ikan badut betina mati maka salah satu ikan badut akan menjadi betina. Ikan badut betina ini kemudian akan memilih salah satu dari ikan badut menjadi penjantan yang memiliki hak kawin.


Reproduksi

Tidak ada musim kawin tertentu pada ikan badut, hewan ini dapat kawin kapan saja sepanjang tahun. Pada saat akan kawin ikan badut jantan akan merayu ikan badut betina dengan mendekati, mengejar, menggigit dan melebarkan sirip-siripnya dekat betina. Ikan badut betina akan bertelur di batuan dan karang dekat anemon secara bertahap yang jumlahnya mencapai beberapa ratus butir telur. Ikan badut jantan akan menjaga telur-telur tersebut sampai saatnya menetas, 4 atau 5 hari kemudian.


Klasifikasi Ikan Nemo

Kingdom: Animalia
Fium: Chodata
Sub-Filum: Vertebrata
Class: Actinopterygii
Family: Fomacentridae
Ordo: Perciformes
Super-Class: Osteichthyes
Sub-Class: Neopterygii
Sub-Ordo: Labroidei
Genus: Amphiprion
Spesies: Amphiprion percula


Morfologi Ikan Nemo

Keindahan warna tubuh clownfish inilah yang membuat si nemo ini menjadi favorit para pecinta ikan hias air laut . Ikan nemo ini diketahui mempunyai daerah penyebaran yang luas, terutama diseputar perairan Indo Pasific. Pada perairan bebas, ikan ini dapat dijumpai dilaguna-laguna berbatu sekitar terumbu karang atau daerah dengan kedalaman kurang dari 50 meter dengan perairan yang jernih. Ikan ini mengkonsumsi udang dan algae serta zooplankton disekitar habitatnya.

Ikan badut melakukan simbiosis mutualisme dengan anemon laut. Anemon laut dijadikan pelindung bagi ikan ini dari para predator, sedangkan ikan badut membantu anemon dari sisa-sisa makananya. Melalui interaksi inilah yang membuat ikan badut juga sering dijuluki ikan anemon. Setiap jenis ikan giru mempuyai kriteria tersendiri dalam memilih anemon. Disarankan terlebih dahulu mengetahui jenis anemon yang cocok dengan jenis ikan badut yang akan dibeli.

Secara umum ikan badut mempunyai ukuran yang relatif kecil, ikan ini secara maksimal dapat mencapai ukuran 15 hingga 18 cm. Berwarna cerah dengan tubuh yang melebar ke atas (tinggi) dan mempunyai mulut yang kecil. Untuk sisik, ikan ini mempunyai sisik yang relatif besar dengan sirip dorsal yang unik. Pada umumnya ikan ini mempunyai warna kuning, orange, kemerahan atau kehitaman. Pada tubuhnya terdapat corak yang khas berupa garis atau bagian dengan warna putih.


Makanan Ikan Nemo Air Tawar

Ikan nemo atau lebih dikenal dengan ikan badut ini telah lama dapat dipelihara di air tawar. Cara mengubah ikan nameo air tawar menjadi ikan nemo air laut dengan cara mengurangi kadar garam secara pertahap. Biasanya para pembudidaya ikan nemo air tawar menggunakan makanan khusus untuk ikan nemo peliharaan mereka. Berikut ini berbagai macam jenis makanan ikan nemo air tawar:

  • Cacing Sutra

Cacing sutra ini sangat mudah didapatkan dari para penjual pakan ikan. Cacing sutra dipilih untuk makanan ikan nemo karena mengandung banyak protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan ikan nemo. Biasanya cacing sutra dipilih untuk makanan ikan nemo kecil ukuran 3 hingga 5cm.


  • Artemia

Artemia merupakan hewan air berukuran sangat kecil yang sangat baik untuk dijadikan makanan ikan nemo. Karena ukurannya yang sangat kecil, artemia biasanya digunakan untuk makanan ikan nemo yang baru menetas setelah 2 sampai 3 hari.


  • Pelet

Pelet lebih banyak digunakan karena harganya yang lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Untuk  ikan nemo air tawar yang masih anakan pelet dapat diberkan dengan cara dihaluskan terlebih dahulu.


  • Cacing Tanah

Cacing tanah dipilih untuk makanan ikan nemo dewasa karena memang sesuai dengan ukuran mulutnya. Biasanya cacing tanah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mempermudahkan ikan nemo untuk memakannya. Kemudian cacing tanah dipilih untuk makanan ikan nemo air tawar karena mudah didapatkan.


Makanan Ikan Nemo Air Laut

Di habitat asilnya, ikan nemo biasa memakan plankton dan makroba kecil lainnya yang sesuai dengan ukuran mulut ikan nemo. Biasanya makroba ini menempel pada anemon tempat berlindung ikan nemo. Akan tetapi untuk makanan ikan nemo air laut di aquarium, kita tidak mungkin memberikan jenis makanan ini bukan.

  • Anemon

Ikan badut makan dari sisa makanan anemon. Ikan ini menunggu anemon melumpuhkan dan memakan ikan tangkapannya. Kemudian ikan badut akan memakan sisa-sisa makanan yang tidak termakan anemon. Ikan badut juga memakan tentakel anemon yang sudah mati dan alga serta plankton.


  • Cacing Darah

Mirip dengan cacing sutra, jenis makanan ikan nemo air laut ini juga sangat baik untuk mepercepat pertumbuhan ikan nemo. Ini karena cacing darah mengandung banyak protein dan lemak. Cara memberikan makanan ikan nemo air laut ini dengan cara terlebih dahulu harus dibekukan dan dihaluskan.


  • Roti

Bagi kalian yang suka snorkling dan daiving tentu sering memberikan makan ikan nemo dengan roti bukan. Para pembudidaya ikan nemo air laut banyak menggunakan cara ini untuk makanan ikan nemo. Akan tetapi kita tidak boleh terlalu sering memberikan jenis makanan ikan nemo ini karena bisa membuat ikan nemo ketergantungan dengan roti.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 6 Jenis Makanan Ikan Nemo Air Laut dan Air Tawar! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: