5 Jenis Makanan Ikan Oscar Yang Bagus Untuk Proses Budidaya

Diposting pada

5 Jenis Makanan Ikan Oscar Yang Bagus Untuk Proses Budidaya – Astronotus ocellatus atau lebih dikenal orang Indonesia dengan sebutan Ikan Oskar merupakan salah satu jenis ikan hias legendaris yang sering dipelihara didalam aquarium dan seolah-olah dari masa kemasa tidak pudar kepopulerannya.

Sejarahnya ikan ini telah ditemukan di Amerika Selatan dan pada umumnya mempunyai warna kombinasi hitam dan merah yang terlihat sangat elok dan indah ketika meliuk-liuk didalam aquarium. Selain itu juga ada yang berwarna putih pucat dengan corak agak merah kekuningan yang beberapa orang lebih mengenalnya sebagai Oscar Albino.

Pada umumnya ada 7 jenis ikan oscar yang sering dibudidayakan diantaranya merupakan:

  • Tiger Oscar
  • Red Tiger Oscar
  • Albino Tiger Oscar
  • Albino Red Oscar
  • Gold Oscar
  • Half Back Oscar
  • Long Fin Oscar

Karakteristik Ikan Oscar

ikan oscar

Walaupun demikian ikan ini diketahui toleran pada hampir semua kondisi air. Meskipun toleran pada berbagai kondis air, Oscar perlu dipelihara pada kondisi suhu 26° – 30° C. Oscar bisa mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm.

Oscar termasuk ikan cerdas dan mempunyai kepribadian. Mereka bisa belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya bisa direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar bisa menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya.

Mereka bisa melompat hingga ketinggian 15 cm agar bisa meraih pakan dari tangan si pemilik. Oscar merupakan ikan predator. Mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kacil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar bisa menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain.

Oscar merupakan ikan predator. Mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kacil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar bisa menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain.


Morfologi dan Anatomi

IKan Oskar telah dilaporkan bisa tumbuh mencapai sekitar 45 cm ( 18 in) panjang dan 1,6 kilogram (3,5 lb) berat. Bentuk liar tertangkap dari spesies biasanya berwarna gelap dengan bintik-bintik kuning cincin atau ocelli pada batang ekor dan sirip punggung. Ocelli ini telah diusulkan berfungsi untuk membatasi sirip menggigit dengan piranha.

Spesies ini juga bisa dengan cepat mengubah pewarnaan nya, suatu sifat yang memfasilitasi perilaku teritorial dan tempur ritual antara individu sejenis. Oscar Juvenile mempunyai pewarnaan yang berbeda dari orang dewasa , dan bergaris dengan band-band bergelombang putih dan oranye dan telah melihat kepala. Meskipun spesies ini secara luas dianggap sebagai monomorfik seksual, ikan oskar jantan lebih cepat tumbuh. Ikan Oskar Jantan mempunyai bercak gelap di dasar sirip punggung mereka.

Spesies mencapai kematangan seksual sekitar satu tahun dan terus mereproduksi untuk 9-10 tahun . Frekuensi dan waktu pemijahan mungkin terkait dengan terjadinya hujan. A. Ocellatus ikan petelur substrat dua induk , meskipun informasi rinci tentang reproduksi mereka dialam liar langka.

Betina ikan oskar dikenal untuk memilih dan bersih umumnya rata permukaan horizontal atau vertikal yang berguna untuk meletakkan 1.000 ke 3.000 telur mereka . Seperti kebanyakan cichlids , perawatan A. praktek ocellatus merenung , meskipun durasi perawatan induk di alam liar masih belum diketahui .

Budidaya Ikan Oscar

  1. Pemilihan Induk

Pemijahan oskar bisa dilakukan pada induk yang telah berumur 1.5 tahun atau dengan panjang tubuh ± 15 cm. seleksi induk oskar dianjurkan dilakukan sejak berumur 5-6 bulan dengan cara mencampurkan 10 ekor atau lebih.. Induk jantan biasanya mempunyai tubuh yang relatif lebih panjang daripada induk betina. Pada masa kawin induk betina biasanya mempunyai perut yang lebih gendut.


  1. Persiapan Pemijahan

Pemijahan bisa dilakukan pada bak semen berukuran 150 x 100 x 50 cm dengan ketinggian air 30 cm. Air untuk pemijahan harus jernih dan steril dengan suhu 24 – 280C dan pH 6,5 – 7.


  1. Pemijahan Ikan Oscar

Perbandingan antara induk jantan dan betina yang akan dipijahkan dalam bak tembok merupakan 1 : 2, sehingga dalam satu tembok bisa diisi dua pasang induk. Pemijahan berlangsung pada siang atau sore hari. Jika telur telah menempel pada substrat, telur segera dipindahkan kedalam wadah pemeliharaan larva.

Cara Peminjahan Ikan Oscar.

  • Langkah pertama pilih induk yang sehat kira-kira berumur 2 tahun dan mempunyai panjang sekitar 15 CM. Pemilihin indukan ini sudah harus dilakukan jauh sebelumnya ketika oscar masih berumur setengah tahun, dan caranya merupakan memasukan beberapa pasang ikan Oscar kedalam bak mungkin bisa 8 ekor betina dan 8 ekor pejantan(sesuai kebutuhan anda), setelah itu biasanya ikan-ikan ini akan memilih pasangan masing-masing. Jika sudah demikian pisahkan per pasangan sampai usianya siap jadi induk.
  • Ciri-ciri induk pejantan merupakan : alat kelamin lebih menonjol, badan lebih panjang. Ciri-ciri induk betina : perutnya besar apabila sudah matang, lubang kelamin lebih besar.
  • Buatlah bak kira-kira untuk per satu pasang indukan berukuran 1,5 x 1 x 0.5M. Jika sudah isi dengan air yang bersih dan jangan terlalu buru-buru dimasukan indukannya, biarkan selama satu hari terlebih dahulu setelah itu baru induk siap untuk dimasukan.
  • Berikan batu ceper yang berwarna gelap pada setiap kolom dan bagian atas ditutup namun jangan seluruhnya.
  • Umumnya ikan oscar akan peminjahan pada saat siang dan sore yang akan langsung dibuahi olah oscar pejantan.
  • Jika sudah telur yang berada diatas batu ceper tersebut segera dipindah kedalam aquarium yang diberi udara (aerasi) dengan kekuatan lemah. Dalam sekali peminjahan tiap pasang pada umumnya akan menghasilkan sekitar 1000 sampai dengan 4000 telur.
  • Setelah sekitar 3 hari maka biasanya telur-telur tersebut akan menetas, namun jangan langsung dikasih makan, biarkan selama sekitar 4 hari lalu berikan makanan rotifera. Kemudian jika sudah berumur sekitar dua minggu berikan cacing rambut dan jika sudah satu bulan pindahkan kedalam bak yang lebih luas dan sudah menjadi bibit-bibit unggulan ikan Oscar.

  1. Penetasan dan Pemeliharaan Larva

Tempat penetasan dan pemeliharaan larva berupa akuarium dengan ukuran 100x50x50cm yang diisi air setinggi 30 cm dengan aerasi lemah. Agar terhindar dari jamur, air pemeliharaan larva diberi larutan MGO dan MB. Telur akan menetas setelah 2-3 hari. Larva tidak diberi pakan sampai berumur 4 hari karena larva masih mempunyai cadangan kuning telur. Setelah kuning telur habis, larva diberi pakan berupa infusoria hingga berumur 7 hari dan kemudian diberi pakan kutu air.


  1. Merawat Anak Ikan

Setelah berumur 15 hari, seleksi pada anak ikan bisa dilakukan dengan cara memindahkan ke dalam wadah yang lebih luas. Padat tebar di akuarium dan bak tembok sebanyak 10 – 15 ekor/ liter air. Pakan yang diberikan berupa kutu air atau cacing rambut.

Faktor yang harus kalian perhatikan dalam memelihara ikan oskar:

  • Ikan ini tergolong predator jadi sebaiknya jangan campurkan dengan jenis ikan lain karena kemungkinan bisa diserang dan dimakan, dan apabila anda campurkan dengan ikan jenis predator lain maka kemungkinan juga akan berkelahi.
  • Ikan Oscar suka hidup bergerombol dengan air yang tenang dan bersih, dan idealnya pada suhu air sekitar 26-30 Derajat Celcius. Sehingga akan lebih baik jika kalian memelihara ikan oscar lebih dari satu dan ukuran aquarium juga harus menyesuaikan.
  • Selain itu pada habitat aslinya ikan Oscar lebih suka hidup di sungai yang dasarnya berpasir batu, dan sekelilingnya ter bisa akar-akar pohon. Dengan demikian kalian harus menyesuaikan kondisi tersebut pada aquarium kalian, pilihlah aksesoris-aksesoris aquarium yang sesuai.
  • Untuk faktor makanan, karena ikan ini merupakan pemangsa maka berikan makanan yang masih hidup seperti udang kecil atau ikan kecil, dan biarkan ikan Oscar memangsanya sendiri.

Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar

Terdapat berbagai jenis makanan ikan oscar agar cepat besar. Makanan ikan oscar harus mengandung gizi tinggi serta mengandung banyak protein juga. Terdapat dua jenis makanan ikan oscar agar cepat besar, yaitu makanan hidup dan makanan mati atau buatan.


Makanan Ikan Oscar Hidup

Jenis makanan ikan oscar satu ini paling banyak digunakan karena ikan oscar memang lebih suka memakan umpan hidup. Para pembudidaya dan pengkolektor ikan oscar biasa memberikan pakan hidup, seperti ikan kecil, udang, kutu air, cacing sutra dll. Kelebihan makanan ikan oscar hidup antara lain:

  • Makanan ikan oscar hidup nyatanya lebih banyak mengandung protein.
  • Merangsang ikan oscar agar bergerak memburu makanan seperti di alam aslinya.
  • Lebih banyak mengandung nutrisi dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.
  • Lebih mudah di bisakan dan harganyapun terbilang lebih murah.

  1. Cacing Sutra dan Kutu Air

Cacing sutra dan kutu air merupakan makanan ikan yang banyak mengandung nutrisi tinggi, seperti karbohidrat, kalsium, protrin dan vitamin yang sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan oscar. Makanan ini sangat cocok untuk ikan oscar anakan yang masih berusia 1 sampai 4 minggu.

Dikarenakan ikan oscar kecil belum dapat memakan makanan yang keras dan lebih besar dari tubuhnya. Cacing sutra dan kutu air juga cocok untuk ikan oscar dewasa agar ikan cepat tumbuh besar dan mempunyai warna yang lebih cantik.


  1. Ikan Kecil dan Udang

Makanan ikan oscar selanjutnya merupakan ikan kecil dan udang. Ikan kecil dan udang sangatlah cocok untuk makanan ikan oscar yang masih kecil. Ikan kecil dan udang mengandung nutrisi yang tinggi dan sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan oscar. Selain itu ikan kecil dan udang hidup juga dapat membuat ikan oscar bergerak lebih agresif karena ikan oscar akan memburu dan menangkapnya untuk dijadikan makanan.


  1. Jangkrik dan Kelabang

Jangkrik dan kelabang sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan. Manfaat lainnya merupakan membuat warna ikan oscar menjadi lebih cerah. Jangkrik dan cacing juga sangat cocok menjadi makanan ikan oscar yang masih kecil. Selain itu makanan ikan oscar ini bisa membuat proses pemijahan indukan ikan oscar menjadi lebih cepat.


Makanan Ikan Oscar Buatan/Mati

Jenis makanan ikan oscar satu ini sangat jarang diberikan kepada ikan oscar dikarenakan ikan oscar tidak terbiasa memakan makanan buatan yang tidak bergerak. Tetapi jika kita membeli ikan oscar hasil budidaya yang sudah terbisa memakan makanan sperti  ini,maka tidaklah terlalu buruk dan malah menghemat pakan.

makanan ikan oscar jenis ini diperuntukan oleh para pembudidya ikan oscar agar mengirit pakan dan tidak mudah busuk. Jika kita membeli ikan oscar dengan ukuran kurang lebih dari 10 cm, maka kita bisa melatih ikan oscar tersebut untuk memakan makanan jenis ini.


  1. Pelet Ikan

Makanan ikan oscar satu ini sangat berkualitas tinggi, kerena mengandung karbohidrat, protein, dan kalsium yang baik untuk oertumbuhan ikan oscar. Kekurangan dari makanan ikan oscar pelet ini merupakan pelet yang berkualitas baik mempunyai harga yang mahal. Tetapi itu semua kembali kepada pemiliknya,jika ikan oscar yang kita pelihara mempunyai harga mahal dan cantik tentu tidak masalah memberikan pelet dengan harga mahal.


  1. Udang dan Ikan Mati

Sama seperti pellet ikan,udan dan ikan mati juga sebenarnya diperuntukan oleh para pembudidaya ikan oscar sebagai pakan tambahan yang mempunyai harga lebih murah dan lebih awet. Kandungan yang terkandung dalam ikan dan udang mati tidak terlalu jauh dengan pakan hidup, ini tergantung seberapa lama ikan dan udang mati. Jangan sampai kita memberikan pakan ikan osacra kita dengan ikan dan udang mati yang sudah terlalu busuk. Ini akan dapat membuat ikan oscar peliharaan kita stres bahkan berujung kematian.


Pemberian Makanan Ikan Oscar

Memperhatikan pemberian makanan ikan oscar juga sanagat penting, kalian tidak boleh telat dan terlalu sering memberikan ikan oscar makan. Untuk pakan hidup seperti ikan dan udang, kita cukup memberikan 2-3 ikan dalam satu hari, dan ini hanya diberikan kepada ikan oscar dalam kurun waktu 4x seminggu. Untuk jangkrik dan kelabang, cukup berikan 1-2 ekor dalam kurun waktu 3x seminggu.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 5 Jenis Makanan Ikan Oscar Yang Bagus Untuk Proses Budidaya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: