11 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting pada

11 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Ikan gabus merupakan sejenis ikan predator yang hidup didaerah air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama diberbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.).

Nama ilmiahnya merupakan Channa striata (Bloch, 1793). Ikan ini termasuk ikan darat yang cukup besar, dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 m. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala.

Tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Pada bagian sisi atas tubuh dari kepala hingga keekor berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Sisi bawah tubuh putih, mulai dagu ke belakang. Sisi samping bercoret-coret tebal yang agak kabur. Warna ini seringkali menyerupai lingkungan sekitarnya. Mulut besar, dengan gigi-gigi besar dan tajam.

Manfaat dan juga nutisi yang ada pada ikan gabus, khususnya untuk kesehatan, menjadi cukup kontroversial belakangan ini. Hal tersebut tercetus setelah banyak penelitian yang sudah membuktikan, bahwa didalam ikan gabus terdapat kandungan jenis protein albumin yang paling tinggi bila dibandingkan yang terdapat di dalam jenis ikan yang lainnya.

Dan tak tanggung- tanggung juga manfaatnya ini sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan untuk anak, dewasa bahkan juga ibu hamil. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kalian bisa menyimak informasi yang ada dibawah berikut.

Ikan gabus atau Ikan Kutuk memiliki nama latin (Channa Striata) adalah salah satu jenis ikan tawar yang banyak dan bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan persawahan. Habitatnya yang mudah di temukan juga kandungan nutrisinya yang cukup melimpah ini, menjadikan ikan ini cukup populer dan juga banyak di gandrungi masyarakat.

Bahkan pada saat inipun tak sedikit juga dari pada masyarakat yang membudidayakan ikan bernutrisi yang satu ini, dengan harga pasaran yang cukup tinggi yakni Rp. 60.000 – Rp. 70.000 per kg nya. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, ikan ini memiliki panggilan yang berbeda- beda, seperti halnya di pulau jawa, ikan ini di sebut dengan nama ikan bogo.

Lantaran bentuknya yang besar hingga memiliki kepanjangan bisa mencapai 1 meter, selain itu, ikan ini juga sering kali di panggil ikan kutuk, dan lain sebagainya. Selain habitatnya yang mudah di temukan di berbagai darah, kepopuleran ikan gabus juga semakin memuncak. Setelah diketahui didalamnya mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Ikan ini sendiri sudah terbukti oleh bebrapa penelitian sebagai ikan yang memiliki protein albumin yang paling tinggi bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti lele, ikan bandeng, ikan mas dan yang lainnya.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Gabus

Ikan gabus Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

  • Kingdom : Animalia.
  • Filum : Chordata.
  • Kelas : Actinopterygii.
  • Ordo : Perciformes.
  • Familia : Channidae.
  • Genus : Channa.
  • Spesies : Channa striata.

Morfologi Ikan Gabus

Tubuh ikan gabus bagian atas umumnya berwarna coklat sampai hitam dan tubuh bagian bawah berwarna coklat muda sampai keputih-putihan. Bentuk kepala agak pipih seperti kepala ular dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Kepalanya yang berbentuk seperti ular inilah yang membuat ikan gabus dijuluki sebagai snake head. Sisi atas tubuh ikan gabus dari kepala sampai ekor umumnya berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Bagian bawah tubuh ikan gabus mulai dari bawah wulut sampai ekor berwarna putih. Bagian samping tubuh ikan gabus bercoret tebal agak kabur, warna tersebut seringkali menyerupai lingkungan sekitarnya. Ikan gabus mempunyai mulut yang besar dan bergigi tajam. Sirip punggung ikan gabus memanjang dengan sirip ekor membulat di bagian ujungnya.


Penyebaran Ikan Gabus

Ikan gabus menghuni kawasan perairan air tawar pada benua asia hingga afrika. Channa merupakan jenis ikan air tawar dengan 30 spesies yang tersebar di kedua wilayah tersebut. Di kawasan Asia, ikan gabus tersebar dari Afganistan, Pakistan bagian barat, Nepal bagian selatan, India, Bangladesh, Srilangka, Myanmar, Indo-China, Cina, Jepang, Taiwan, Philipina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Asia tenggara merupakan pusat penyebaran ikan gabus terbesar dengan 10 spesies didalamnya. Lima spesies tersebar disingapura, malaysia dan indonesia antara lain channa micropeltes, channa striata, channa lucius, channa melasoma dan channa gachua.

Beberapa spesies channa yang tersebar dimalaysia, singapura, sumatera, kalimantan atau borneo antara lain channa sp. (Scopoli, 1777), channa bankanensis (Bleeker, 1852), channa gachua (Hamilton-Buchanan, 1822), channa lucius (Cuvier & Valenciennes, 1831), channa marulioides (Bleeker, 1851), channa melanoptera (Bleeker, 1855), channa melasoma (Bleeker, 1851), channa micropeltes cuvier & valenciennes, 1831), channa pleurophthalma (Bleeker, 1851) dan channa striata (Bloch, 1793).


Habitat Ikan Gabus

Ikan gabus dapat kalian temukan pada perairan yang dangkal, seperti sungai dan rawa dengan kedalaman 40 cm. Ikan gabus menyukai tempat yang gelap, berlumpur, berarus tenang, ataupun wilayah bebatuan untuk bersenbunyi. Ikan gabus juga sering terdapat didanau, saluran air atau sawah. Ikan gabus termasuk kedalam jenis ikan air tawar yang mempunyai penyebaran yang luas dan secara alami dapat hidup didanau, sungai, rawa air tawar dan sawah serta benih ikan gabus banyak ditemukan didaerah perairan yang banyak rerumputan atau tanaman air dan belukar yang terendam air.


Kebiasan Hidup Ikan Gabus

Ikan gabus (Channa striata) mempunyai pola pertumbuhan allometrik atau pertambahan bobot lebih cepat daripada pertambahan panjang badan, hal ini berkaitan dengan sifat agresifnya dalam mencari makan. Ikan karnivora ini memangsa ikan-ikan kecil/anak ikan, serangga, insekta air, berudu, kodok/katak dan berbagai hewan air.

Ikan gabus mampu bernafas langsung dari udara melalui organ labirin, yaitu divertikula yang terletak pada bagian atas insang sehingga dapat menghirup udara dari atmosfir. Ikan gabus mampu bertahan dalam kondisi perairan rawa dengan kandungan oksigen terlarut rendah dan pH berkisar 4,5-6.

Dalam proses pemijahan spesies ini mempunyai kebiasaan membangun sarang berbusa di antara vegetasi di lingkungan hidupnya. Djajadireja et al. 1977 dalam muflikhah. 2007 menyatakan bahwa ikan gabus membuat sarang yang berbentuk busa disekitar tanaman air dirawa dan perairan dangkal dengan arus lemah. Busa tersebut berbentuk semacam lingkaran yang berfungsi sebagai area pemijahan dan untuk melindungi telur yang telah dibuahi.


Apa Itu Albumin?

Albumin ini sendiri merupakan jenis protein utama yang terdapat di dalam didalam tubuh tepatnya pada darah manusia. Adapun fungsi utama dari protein yang yang di produksi oleh hati ini adalah, bertujuan untuk mengatur tekanan osmotik yang terdapat di dalam aliran darah, menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh, hingga sebagai pengangkut berbagai nutrisi dan juga hormone pada tubuh manusia. Bahkan tak hanya albumin, masih banyak kandungan ikan gabus lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.


11 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kandungan Gizi Serta Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ikan gabus dapat dikonsumsi secara langsung atau pun setelah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul. Manfaat mengekstrak ikan gabus juga tidak kalah dengan khasiat ikan gabus ketika dikonsumsi secara langsung. Berikut admin paparkan informasi tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Manusia:

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dapat menyembuhkan lukak, hal ini tentunya berkat kadar albumin yang tinggi dalam ikan gabus. Albumin mempunyai peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka. Ikan gabus dapat menyembuhkan luka seseorang pada saat setelah melakukan operasi. Tentunya konsumsi ikan gabus tidak hanya baik untuk pasien yang menjalani operasi, tapi juga dapat kalian gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka yang disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.


  1. Mengatasi Kurang Gizi

Menjaga keseimbangan gizi memang bukan merupakan hal yang mudah, terutama pada anak-anak yang mempunyai kebiasaan susah makan. Hal ini lah yang menyebabkan sering kali anak-anak kekurangan gizi pada masa pertumbuhannya. Mengonsumsi ikan gabus maupun ekstrak ikan gabus secara rutin dapat mengatasi kekurangan gizi tersebut, karena kandungan nutrisi dalam ikan gabus hampir memenuhi keseluruhan kebutuhan gizi harian, terutama untuk anak-anak.


  1. Memelihara Otot

Manfaat ikan gabus selanjutnya merupakan dapat memelihara otot. kalian tentunya sudah pernah mendengar bahwa protein merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan otot. Ikan termasuk salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Kandungan protein dalam ikan gabus mengalahkan ayam, daging sapi, dan ikan air tawar dan bahkan beberapa jenis ikan laut. Kandungan protein dalam ikan gabus memang masih di bawah ikan salmon, tapi ikan gabus dapat menjadi pilihan ikan air tawar terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein kalian.


  1. Menjaga Cairan Dalam Tubuh Tetap Seimbang

Ikan gabus bukan sekedar akan memenuhi kebutuhan protein, namun juga mampu untuk menjaga keseimbangan carian dalam tubuh. Keseimbangan cairan dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Kadar cairan yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh, termasuk mengganggu proses penyerapan protein dalam tubuh.


  1. Baik Untuk Pencernaan

Ikan gabus mempunyai kadar protein yang tidak kalah dengan daging, tapi ikan gabus mempunyai keunggulan yaitu lebih mudah dicerna dalam pencernaan. Hal ini tentunya sangat penting karena jika kita mencerna makanan yang mudah dicerna, maka pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras hingga dapat membuat fungsinya terganggu.


  1. Nutrisi Untuk Pertumbuhan

Manfaat ikan gabus ternyata dapat juga menjadi nutrisi pendukung pertumbuhan. Ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, ibu menyusui dan anak-anak. Karena merupakan kondisi dimana tubuh membutuhkan nutrisi ekstrak bagi tubuh untuk membantu proses pertumbuhan. Ikan gabus digunakan untuk pencegahan kekurangan gizi. Selain untuk membantu pertumbuhan, ikan gabus juga baik untuk menmenuhi kebutuhan nutrisi untuk lansia.


  1. Mengatasi Hipoalbuminemia

Kekurangan albumin dalam tubuh tidak dapat dianggap sepele karena dapat memicu berbagai masalah lain bagi kesehatan. Gejala hipoalbuminemia antara lain merupakan seperti edema, nafsu makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi. Penyebab hipoalbuminemia juga ternyata bermacam-macam mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus. Pengobatan yang dilakukan tentunya harus menyesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Disamping melakukan pengobatan untuk penyakit utamanya, penggunaan ikan gabus juga dapat dilakukan untuk mengatasi gejala dari rendahnya kadar albumin tersebut.


  1. Bagus Untuk Ibu Hamil

Biasanya ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti ati ayam, telur, dan ikan. Seperti yang kita tahu, banyak jenis ikan air tawar, seperti ikan gabus yang lebih banyak mempunyai manfaatnya. Kandungan protein yang dimiliki pada ikan ini cukup tinggi dan dipercaya sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga janin.


  1. Menambah Berat Badan

Selain banyak makan untuk menambah berat badan, kalian dapat mengonsumi protein hewani yang dipercaya sangat baik untuk menambah berat badan. Mengombinasikan karbohidrat dan protein seperti nasi dan ikan gabus, dapat memicu pembentukan sel.


  1. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Mereka yang menderita diabetes tidak diperbolehkan makan nasi putih karena berisiko menaikkan kadar gula darah. Kini penderita diabetes tidak perlu bingung lagi untuk memenuhi kalori harian, karena khasiat ikan gabus dapat memenuhi kebutuhan kalori harian.


  1. Menjaga kesehatan mata

Jika ingin mempunyai mata yang sehat, maka konsumsilah vitamin A secara rutin. Salah satu makanan yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi merupakan ikan gabus. Ikan ini mengandung 150 G vitamin, yang sangat manjur untuk menjaga kesehatan mata kalian.


Kandungan Gizi Ikan Gabus atau Ikan Kutuk

Komponen KimiaIkan Gabus SegarIkan Gabus Kering
Kalori (kal)6924
Protein (g)25,258,0
Lemak (g)1,74,0
Besi (mg)0,90,7
Kalsium (mg)6215
Fosfor (mg)176100
Vitamin A (SI)150100
Vitamin B1 (mg)0,040,10
Air (g)6924
BDD (%)6480

Nah, dari berbagai kandungan senyawa dan nutrisi yang ada di atas tersebut, tak heran jika ikan yang sering di sebut ikan kutuk ini, memiliki berbagai khasiat yang cukup melimpah dan lengkap baik untuk kesehatan tubuh, anak maupun juga ibu hamil.


Membuat Pelet Ikan Gabus

Ikan gabus termasuk karnivora yang cenderung sulit menerima pakan tambahan. Terutama pada pemberian pakan buatan. Ikan gabus butuh adaptasi yang cukup lama saat diberikan pakan buatan. Oleh karena itu, membuat pelet ikan gabus sebaiknya dilakukan agar tidak memakan terlalu banyak biaya.

Ikan gabus menyukai pakan berupa cincangan atau gilingan daging ikan atau hewan lain, seperti cacing yang masih segar. Jika hendak diberikan pakan buatan, komposisinya harus banyak mengandung bahan pakan hewani dan aromanya merangsang.Pakan komersial dapat berkontribusi pada 70 persen dari total biaya produksi. Mahalnya harga pakan buatan disebabkan oleh bahan yang masih diperoleh dengan cara impor. Kini, kalian dapat membuat pelet ikan gabus dengan bahan lokal dengan mudah dan sederhana.

Kebutuhan zat gizi ikan tentu saja tergantung jenis dan umurnya. Demikian pula dengan ikan gabus. Ikan yang lebih muda memerlukan protein yang lebih tinggi untuk mempertahankan hidup dan pertumbuhannya.Bahan pakan yang digunakan setidaknya harus memenuhi kebutuhan nutrisi protein, lemak, serat kasar, abu, dan air.

Bahan lokal yang dapat digunakan untuk membuat pakan ikan gabus antara lain tepung ikan, bungkil kacang kedelai atau kacang koro, tepung terigu, tepung daging dan tulang, dan tapioka. Perlu juga ditambahkan tepung darah, dedak, minyak ikan, vitamin, dan mineral.Cara membuat pakan buatan sebagai berikut. Pertama, siapkan seluruh bahan-bahan dan SNI pakan ikan gabus. Kedua, formulasikan pakan ikan gabus sesuai dengan SNI untuk pembesaran atau induk.

Karena ikan gabus belum mempunyai SNI pakan, kalian dapat mengakses patokan bahan-bahan yang digunakan dalam berbagai literatur. Salah satunya terdapat dalam buku Budidaya Ikan Gabus.Jika sudah, bahan baku ditimbang sesuai kebutuhan formula. Bahan-bahan yang sudah ditimbang kemudian dicampur hingga merata. Kemudian, siapkan cetakan pelet. Masukkan campuran ke cetakan tersebut. Lakukan pendinginan hingga pelet mengeras.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 11 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.

Baca juga artikel lainnya tentang: