Manfaat Memelihara Ikan Koi Bagi Kesehatan Manusia dan Bisnis

Diposting pada

Manfaat Ikan Koi – Ikan koi masih satu kekerabatan dengan ikan emas, ikan koi berasal dari dataran tiongkok dan berlanjut hingga ke perairan Jepang.

Dari jepang ikan koi terus dikembangbiakkan hingga sampai di Negara Indonesia, bahkan sekarang ikan koi sudah sangat banyak di jumpai di Indonesia.

Pada umumnya hampir di semua tempat penjualan ikan, nama ikan koi tidak pernah ketinggalan kepopuleran dan warnanya yang indah menjadikan ikan ini salah satu ikan hias yang paling di cari.

Salah satu ciri yang khas dimilik ikan koi ini adalah warnanya yang beragam dan bercorak, sehingga kebanyakan ikan koi dijadikan sebagai ikan hias yang dapat kemudian dikembangbiakkan.

Dalam kisaran harganya sendiri, ikan ini tergolong mahal dan paling sering dicari oleh para konsumen sebagai ikan hias untuk mempercantik akuarium mereka.

Jenis warna dari ikan koi ini juga sangat beragam dan sangat  banyak, dalam satu batang tubuhnya saja ikan koi ini bisa memiliki warna empat macam.

Dan untuk umur, ikan koi termasuk ikan yang dapat bertahan hidup cukup lama, usia untuk ikan koi ini adalah 200 tahun, lebih tua dari manusia.

Baca Juga: 25 Manfaat Ikan Hiu Bagi Kesehatan Manusia Yang Harus Kalian Ketahui!!!!

Manfaat Ikan Koi Bagi Kesehatan Manusiaikan koi

Banyaknya orang yang menjadikan ikan koi sebagai hiasan atau sumber manfaat lainnya, itu karena kandungan yang terdapat didalam daging ikan koi ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Omega 3
  • Fosfor
  • Vitamin D
  • Protein

Itulah beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalam daging ikan koi yang bisa kita dapatkan, adapun manfaat lain yang didapat dari ikan  koi ini dibidang kesehatan antara lain adalah :

 

1. Kolesterol

Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan koi, yang dapat membantu proses pertumbuhan adalah omega 3 atau asam lemak tak jenuh.

Kandungan inilah yang dapat berfungsi dengan baik dalam menjaga stamina tubuh kita agar tetap sehat, salah satu kandungan yang dapat mengontrol kolesetrol tubuh agar tetap normal berasal dari manfaat omega 3.

Kandungan tersebut di dalamnya terdapat EPA dan jga DHA, yang mampu menurunkan kolestrol tinggi dan mengikat lemak tidak baik dalam tubuh kita.

Baca Juga: 8 Manfaat Penting Ikan Kakap Merah Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

2. Baik untuk kesehatan jantung

Sebagaimana disebutkan diatas tadi bahwa ikan koi merah memiliki kandungan kalium, selain untuk menjaga metabolisme energi, kalium juga berperan dalam kontraksi pada jantung.

Kekurangan pada kalium dapat mengakibatkan terjadinya penyakit yang mungkin dapat menyerang jantung, untuk itu cobalah mengkonsumsi ikan kakap ini setidaknya 3 kali dalam sebulan.

 

3. Bisa untuk menurunkan berat badan

Hormon Leptin adalah sebuah hormon yang disekresikan atau dilepaskan dari sel lemak yang ada didalam tubuh manusia, hormon ini berfungsi dalam metabolisme tubuh.

Ketika tubuh manusia mengandung banyak Leptin berlebih, maka otak akan memerintahkan terjadinya pembakaran kalori, Nah, inilah yang dibutuhkan oleh semua orang yang melakukan diet.

Kalori yang cepat terbakar akan membuat berat badan terjaga dan selalu ideal, ikan Tongkol tergolong kaya dengan Hormon Leptin, maka tak ada salahnya bila kalian igin memasukkannya dalam menu diet kalian.

 

4. Menyehatkan mata

Vitamin A dan B komleks yang terkandung pada ikan koi, sangat untuk bermanfaat menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari kebutaan, mata minus, iritasi dan keluhan lainnya.

 

5. Mencegah kanker

Minyak ikan koi sendiri, dinilai dapat memberikan perlindungan dari kanker di dalam tubuh, tidak disebutkan secara spesifik jenis kanker apa yang dapat dicegah oleh minyak ikan koi ini sebenarnya.

Namun yang pasti jenis kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh, salah satunya jenis kanker kelenjar getah bening yang sudah banyak memakan korban, yang dapat dicegah dengan menggunakan minyak ikan koi ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Ikan Gindara Bagi Tubuh Manusia

6. Tekanan darah

Terakhir manfaat dari ikan koi ini adalah untuk menjaga tekanan pada darah didalam tubuh, untuk mengetahui tekanan darah dapat diketahui dengan melakukan tes di bidan dan juga klinik.

Untuk tekanan darah yang tinggi, umumnya bisa menyebabkan komplikasi pada beberapa organ dalam tubuh dan yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian.

Nah Itulah jabaran mengenai manfaat ikan koi baik dibidang kesehatan untuk mencegah kanker dan beberapa penyakit yang lainnya.

 

Manfaat Memelihara Ikan Koi

Selain dagingnya yang lezat dan kaya akan manfaat untuk mencegah beragam penyakit pada tubuh manusia.

Ternyata ikan koi juga banyak dipelihara sebagai ikan hias, ini karena manfaat ikan koi sebagai ikan hias bagi pecinta ikan koi adalah sebagai berikut :

1. Mengisi waktu luang

Bagi sebagian orang memelihara ikan koi bisa sebagai hobi yang sekaligus mengisi waktu luang mereka, saat tidak ada kegiatan.

Ikan koi ini merupakan ikan yang lembut dan mudah jinak sehingga seru untuk dijadikan mainan mengisi waktu luang.

Baca Juga: 20 Manfaat Ikan Pari Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

2. Hiburan

Selanjutnya memelihara ikan koi juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi mereka yang hob, bagaimana tidak saat memberikan ikan koi makanan maka mereka secara serentak akan merebut makanan.

Memandang kejadian semacam itu bisa menjadi hiburan tersendiri bagi mereka yang benar-benar hobi dalam dunia ikan hias ini.

3. Membawa keberuntungan

Beberapa orang juga memiliki kepercayaan mereka sendiri, bahwa ikan koi ini juga dapat membawa keberuntungan.

Ini karena ikan koi sudah dianggap sebagai simbol kasih sayang dan cinta terutama dinegara asalnya yaitu Jepang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Manfaat Memelihara Ikan Koi Bagi Kesehatan Manusia dan Bisnis semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.

Manfaat Memelihara Ikan Koi Bagi Kesehatan Manusia dan Bisnis
ikan koi

Article Title: Manfaat Memelihara Ikan Koi Bagi Kesehatan Manusia dan Bisnis

Short Description: Manfaat Ikan Koi - Dari jepang ikan koi terus dikembangbiakkan hingga sampai di Negara Indonesia, bahkan sekarang ikan koi sudah sangat banyak di jumpai di Indonesia

Author: semuaikan

Publisher - Orgnization: semuaikan.com

Publisher Logo: logo semuaikan.com

  • Rating On Google:
5