Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting pada

Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Ikan kuniran merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk badan sedikit memanjang, pipih samping dengan penampang melintang bagian depan punggung, ukuran maksimum ikan kuniran dapat mencapai 20 cm. Ikan yang memiliki nama latin (Upeneus moluccensis) ini sangat banyak ditemukan di perairan pantai samudera.

Kebiasaan makanan ikan kuniran adalah 59,49% jenis udang, 14,51% ikan -ikan kecil, dan juga 13,51% moluska. Ikan kuniran termasuk ke dalam jenis ikan demersal, sebagai ikan yang dapat konsumsi, ikan ini bernilai kurang ekonomis dibandingkan beberapa jenis ikan demersal yang lainnya. Ikan ini banyak digunakan sebagai bahan baku untuk pakan dalam budidaya udang dan ikan-ikanan.


Klasifikasi Ikan Kuniran

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub Filum: Vertebrata
Class: Actinopterygii
Sub Class: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Percoidei
Famili: Mullidae
Genus: Upeneus
Spesies: Upeneus Moluccensis

Nama lain dari ikan kuniran di Indonesia : Kuniran, Biji nangka, Kunir, Kakunir, Kuning. Ikan kuniran dpat kalian temukan dengan mudah karena tersebar hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa ikan ini berkelompok, ikan demersal mempunyai cirri -ciri bergerombol tidak terlalu besar, aktifitas yang relatif rendah dan gerak ruaya juga tidak terlalu jauh.

Sehingga dari cirri -ciri yang dimiliki tersebut, sekelompok ikan demersal cenderung relatif rendah terhadap daya tahannya terhadap tekanan penangkapan. Alat tangkap yang digunakanpun untuk menangkap ikan kuniran adalah dogol, cantrang, bagan, dan berbagai alat tangkap ikan demersal lainnya yang biasa digunakan nelayan.

Jika upaya penangkapan semakin ditingkatkan maka mortalitas pun akan semakin meningkat pula. Apabila hal ini terus terjadi terus-menerus, maka yang terjadi adalah terancamnya kelestarian sumberdaya ikan demersal, salah satunya adalah ikan kuniran yang mungkin bisa punah. Ikan yang satu ini tentunya memiliki manfaat yang banyak dan kaya akan protein hewani yag baik, sama halnya dengan jenis ikan-ikan yang lainnya.


Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran

5 Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut admin paparkan informasi tentang Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia:


  • Manfaat kuniran Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau yang biasa disebut juga sebagai penyakit kardiovaskuler, penyakit ini sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa seseorang. Penyakit ini memiliki riwayat buruk yang paling tinggi dibanding penyakit yang lain, manfaat ikan kuniran inilah yang dapat mencegah penyakit jantung itu terjadi.


  • Memperlancar Pencernaan

Untuk memperlancarkan pencernaan dibutuhkan serat yang baik, serat ini bisa juga kalian dapatkan dari daging ikan yang satu ini. Ikan ini memiliki banyak sekali serat yang mampu berguna untuk membersihkan dinding pada usus dari residu buruk yang dapat memicu Penyakit sembelit misalnya.


  • Mencegah Osteoporosis

Tidak bisa dipungkiri lagi jika fosfor memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan tulang kita, dan manfaat fosfor juga bisa kita dapat dari ikan yang satu ini. Kandungan fosfor sebanyak 150 mg pada tiap ikan kuniran, sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, alias dapat meminimalisir terjadinya osteoporosis pada kita di kemudian hari.

Fosfor adalah salah satu zat yang amat penting yang berguna untuk menyusun struktur tulang dengan cara mengendap pada matriks tulang kita. Bukan hanya terkena osteoporosis saja sebagai bentuk akibat jika kita kekurangan asupan fosfor, namun juga bisa dalam bentuk kerusakan gigi atau dan mudah terserang penyakit.


  • Membuat Tubuh Bugar

Tubuh bugar dapat diperoleh dari olahraga yang cukup serta nutrisi makanan yang baik, tubuh bugar juga dapat diperoleh dengan cara makan ikan ekor kuning. Salah satu yang ada pada kuniran yakni Vitamin B1 B12 B6 yang terkenal sebagai vitamin B kompleks, dimana vitamin ini sangat berhasiat untuk kesehatan tubuh.


  • Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi disebabkan karena tingginya kadar garam yang ada di dalam tubuh manusia, penyakit tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan memakan ikan kuniran ini. Karena ikan ini bisa memicu lunturnya kadar garam yang terakumulasi di dalam pembuluh darah kita, sehingga garam tidak mengalami kristalisasi lagi yang akibatnya menghambat peredaran darah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Khasiat dan Manfaat Ikan Kuniran Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 vote[s]