Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on
Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kalian Ketahui
5 (100%) 5 votes

Manfaat Ikan Teri – Ikan yang berukuran mungil dengan rasa gurih yang menggod,a membuat ikan teri ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia, umumnya.

Ikan teri akan diolah dengan cara digoreng kering bersama kacang tanah, yang kemudian disantap dengan sepiring nasi hangat dan sambal terasi.

Meski berukuran kecil, namun siapa sangka bahwa ikan yang berukuran kecil satu ini, menyimpan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Di dalam ikan teri terkandung protein, vitamin, dan mineral yang berguna untuk menunjang stamina tubuh manusia.

Bahkan, ikan teri sangat dianjurkan sekali, untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kandungan zat besi dari ikan teri dapat mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia yang membuat sang ibu mengalami stamina atau lemas.

Baca Juga: Kandungan Gizi Ikan Teri

7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Teri Bagi TubuhManfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kalian Ketahui

Selain itu, masih banyak juga sederet manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengkonsumsi ikan teri ini.

Berikut rangkuman tujuh manfaat mengkonsumsi ikan teri yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh yaitu Omega 3 dalam jumlah yang cukup besar, yang berfungsi untuk mengusir kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan penyumbatan arteri, dan menyebabkan gangguan jantung serius, seperti aterosklerosis atau penyempitan arteri, serangan jantung, dan juga stroke.

2. Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh Yang Rusak

Kandungan protein yang tinggi pada ikan teri dapat meningkatkan metabolism yang ada di dalam tubuh.

Hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya produksi sel dan jaringan baru, yang berfungsi sebagai  pengganti sel -sel tubuh yang telah rusak.

Menyantap ikan teri secara teratur setiap hari, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak.

Baca Juga: Kandungan Gizi Ikan Teri Nasi

3. Merawat Kesehatan Kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya, ikan teri mengandung lemak Omega 3, yang dikenal sebagai lemak baik baik tubuh, tak hanya itu saja.

Juga ada kandungan vitamin E dan juga selenium yang terkandung di dalam ikan mungil yang satu ini.

Perpaduan ketiga nutrisi tersebut inilah, yang nantinya dapat meningkatkan kesehatan kulit, dengan mengkonsumsi ikan teri secara teratur.

Kulit akan semakin kenyal, bercak hitam tersamarkan, dan juga kulit terlindungi dari efek buruk sinar ultraviolet dari matahari di siang hari.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain lemak tak jenuh, terdapat pula kalsium dan vitamin yang dapat mengurangi risiko pengeroposan tulang atau biasa disebut (osteoporosis)

Kalsium di dalam ikan teri juga akan memberikan perlindungan pada gigi, sehingga gigi akan tetap kuat, sehat dan tidak mudah berlubang.

Baca Juga: Morfologi dan Klasifikasi Ikan Teri (Stelephorus Sp)

5. Menurunkan Berat Badan

Menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh, membuat ikan teri cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin diet atau menurunkan berat badan.

Ikan teri juga merupakan makanan yang rendah dalam jumlah kalori, sehingga cocok dijadikan sebagai menu diet sehat, mengkonsumsi ikan teri akan membuat perut cepat merasa kenyang, sehingga kamu tidak perlu makan berlebihan lagi.

6. Mengurangi Resiko Keracunan

Mengkonsumsi ikan laut memang sehat, namun jika menyantapnya secara berlebihan itu juga tidaklah baik, karena dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dan gangguan perut lainnya seperti alergi.

Hal ini dikarenakan ikan laut mengandung merkuri yang disebabkan oleh limbah, baik itu dari pabrik maupun rumahan yang tersebar di lautan.

Namun, karena ikan teri memiliki tubuh yang jauh lebih kecil dari ikan biasanya, kandungan berbahaya yang mungkin ada di dalam ikan teri pun jauh lebih sedikit dari ikan yang lainnya.

Sebaliknya, ikan teri mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jadi kalian tidak perlu khawatir yaa.

Baca Juga: 10 Rahasia Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

7. Meningkatkan Kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada ikan teri sangatlah baik, karena dapat meningkatkan kesehatan pada mata manusia, perlu kalian ketahui.

Vitamin A yang terkandung didalam ikan dapat mengurangi degrasasi macula, yang merupakan penyebab utama gangguan kesehatan mata di usia tua, katarak, dan risiko penurunan fungsi penglihatan manusia.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kalian Ketahui semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.