Manfaat Telur Ikan

Diposting pada

Manfaat Telur Ikan – Telur ikan merupakan salah satu makanan yang paling banyak di gemari di seluruh belahan dunia ini.

Karena selain rasanya yang enak di buat berbagai macam resep makanan, ternyata telur ikan juga memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan.

Sebagaimana yang di jelaskan oleh ahli, bahwa telur ikan ini berbentuk bulat dan bergerombolan dengan tesktur yang sangat lunak, untuk ukurannya sendiri telur ikan ini sangat kecil dan berbentuk bulat.

Adapun kandungan gizi yang bisa kita dapatkan pada telur ikan adalah sebagai berikut :

  • Kalori telur ikan dengan jumlah satu sendok makan mengandung 19 sampai 40 kalori, kalori berguna untuk menambah energi bagi tubuh dalam melakukan aktifitas.
  • Lemak sebagaimana sudah diketahui, lemak penting bagi tubuh untuk melindungi organ penting dari benturan.
  • Setiap telur mengandung protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel jaringan kulit mati dan menumbuhkan sel jaringan baru pada tubuh.
  • Vitamin yang fungsinya sendiri untuk memberikan kesehatan bagi keseluruhan tubuh.
  • Dan ada juga zat besi yang berguna untuk mencegah penyakit anemia.

Itulah sedikit ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat pada telur ikan untuk memberikan kesehatan pada tubuh, dibawah ini adalah Manfaat secara keseluruhan dari telur ikan untuk kesehatan manusia:

Manfaat Telur Ikangambar telur ikan

1. Kesehatan mata

Mata merupakan salah satu indera yang berguna untuk melihat segala keindahan yang ada disekitar kita.

Karena fungsinya yang sangat penting inilah, maka merawat kesehatan mata sangat penting, sebaiknya banyak konsumsi makanan ataupun minuman dengan vitamin A.

2. Mengatasi anemia

Terjadinya anemia membuat penderita sering merasa pusing, pucat dan mudah merasa lelah.

Untuk mengatasi anemia ini, cobalah mengkonsumsi telur ikan karena manfaat telur ikan dapat mengatasi anemia pada tubuh kita.

3. Mencegah alzheimer

Kabar gembira berikutnya yang bisa kita dapatkan dari manfaat telur ikan adalah dapat mencegah pemyakit alzheimer.

Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang banyak terjadi pada para lansia, penyakit ini menyebabkan penderita mengalami kepikuna,n sehingga sulit untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

4. Kesehatan tulang dan gigi

Telur ikan mengandung vitamin D yang tinggi dan berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, tulang yang sehat memudahkan kita untuk beraktifitas tanpa harus khawatir dengan usia yang kian bertambah.

Sedangkan bagi kesehatan gigi yaitu membuat gigi lebih tahan lama dan tidak mudah rapuh.

5. Menyehatkan jantung

Jantung berfungsi untuk memompa aliran darah keseluruh tubuh, begitu vitalnya manfaat dari jantung hingga kesehatannya perlu di jaga.

Sekarang anda tidak perlu khwatir untuk menjaganya, antara  lain adalah mengkonsumsi telur ikan yang kaya akan manfaat, selain itu imbangi juga dengan berolahraga agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

6. Kanker usus besar

Kanker usus besar juga dapat kita cegah dengan mengkonsumsi telur ikan ini secara bertahap untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, agar nantinya tubuh terhindar dari virus yang bisa menyebabkan kita jatuh sakit.

Namun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dibutuhkan makanan yang dapat meningkatkannya salah satunya yaitu telur ikan.

Karena kandungan di dalam manfaat telur ikan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Resep Masakan Telur Ikan

Nah untuk cara pengolahannya sendiri, berikut ini resep makanan olahan dari telur ikan untuk dicoba dirumah kalian :

Telur ikan masak sederhana

Siapkan bahan- bahan di bawah ini untuk membuat resep telur ikan masak sederhana :

  • 300 grm telur ikan
  • Cincang 3 siung bawang putih beserta bawang merah
  • Daun bawang, tomat, 2 lembar daun salam
  • Lengkuas dan grepek
  • Garam dan merica bubuk
  • Kecap manis
  • Air hangat
  • Minyak

Cara untuk melakukan pengerjaanya antara lain :

  • Panaskan minyak diatas kuali, lalu masukan bawang putih dan juga bawang merah hingga tercium harum.
  • Setelah itu masukan potongan tomat, daun bawang, daun salam dan juga lengkuas yang sudah di cuci hingga bersih dan di potong- potong dengan ukuran yang kecil, kemudian aduk hingga rata sampai baunyapun tercium wangi.
  • Baru kemudian masukkan telur ikan yang sudah dibersihkan tadi ke dalam bahan yang telah dimasak tadi dan aduk secara perlahan-lahan.
  • Setelah 5 menit baru kemudian di tambahkan kecap manis danjuga
  • Tambahkan garam beserta merica ke dalam bahan-bahan tadi, lalu aduk secara perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Tutup wajan dengan kuali dan masak selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 menit dengan api yang sedang jangan terlalu besar ataupun kecil.
  • Setelah ditunggu hingga 5 menit maka angkat dan kemudian sajikan.

Itulah salah satu jenis resep masakan rumah  yang bisa di buat dengan telur ikan, biasanya telur ikan ini banyak di jual- jual di pasar tradisonal.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Manfaat Telur Ikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.