Ikan Yang Dapat Dijadikan Tepung Serta Manfaat Tepung Ikan!

Diposting pada

Ikan Yang Dapat Dijadikan Tepung Serta Manfaat Tepung Ikan! – Indonesia mempunyai luas lautan yang lebih besar dari daratannya, lautan Indonesia terhampar dari ujung Sabang sampai ke ujung Merauke. Potensi laut ini yang membuat Indonesia kaya akan hasil lautnya yang melimpah, bahkan seringkali beberapa daerah perbatasan laut di Indonesia, menjadi santapan nelayan asing untuk menjaring ikan.

Ikan memiliki daya jual yang cukup tinggi dipasaran, itu sebabnya ikan menjadi salah satu hewan yang selalu diburu oleh manusia. Hal ini karena ikan memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk tubuh, dan tubuh memang memerlukan gizi -gizi yang terdapat dalam ikan itu sendiri. Ikan menjadi salah satu hewani yang kaya akan protein yang perlu dikonsumsi masyarakat untuk kesehatan mereka.

Salah satu protein hewani yang mempunyai sumber gizi melimpah adalah ikan, setiap ikan yang hidup di air tawar maupun air laut, mempunyai kandungan nutrisi baik untuk dikonsumsi manusia sehari -hari. Banyak olahan masakan dengan bahan utama ikan yang dapat diolah dengan mudah, mulai dari digoreng, direbus, disup, dikukus, dan juga dijadikan camilan dan masih tentunya masih banyak lagi.


Ikan Yang Dapat Dijadikan Tepung

manfaat tepung ikan

Berikut admin paparkan informasi Ikan Yang Dapat Dijadikan Tepung:

  1. Ikan Gabus

Ikan gabus sangat melimpah di wilayah Sulawesi Selatan, namun sayangnya ikan gabus ini kurang diminati oleh masyarakat daerah tersebut dalam bentuk segar. Padahal banyak kandungan gizi yang ada dalam ikan gabus ini, serta nilai menjadi ekonomis tinggi bagi masyarakatnya.

Oleh karena itu, beberapa peneliti pangan membuat terobosan dengan membuat tepung dari ikan gabus. Tepung dari ikan gabus ini nantinya bisa dikonsumsi dan divariasikan dengan olahan makanan lainnya, serta limbah dari pembuatan tepung dapat dijadikan sebagai pakan ternak. Sehingga tidak ada bagian dalam ikan gabus yang terbuang sia -sia begitu saja, karena setiap bagiannya dalam ikan gabus dapat dimanfaatkan.


  1. Ikan Lemuru

Ikan Lemuru banyak berkembang biak di selat Bali, ikan ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga perlu cara yang khusus untuk mengolahnya menjadi tepung ikan.


  1. Ikan Tongkol

Ikan tongkol biasanya hanya diolah sebagai pindang atau ikan sambal saja, padahal ikan ini dapat diolah menjadi tepung ikan juga loh dan juga dapat dimanfaatkan untuk produk makanan lainnya. Kandungan ikan tongkol yang penuh akan nutrisi menjadikan ikan ini akhirnya dapat juga diolah menjadi tepung ikan.


  1. Ikan Layang

Ikan layang menjadi salah satu ikan yang banyak tersebar di perairan Indonesia dan bisa juga ditemui di pasar- pasar tradisional yang ada di beberapa negara. Ikan yang satu ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pada pencernaan.

Selain itu juga, kandungan nutrisi dari ikan layang membuat nilai gizi ikan ini dapat diserap utuh oleh tubuh walaupun sudah diolah menjadi tepung yang halus. Setelah diubah menjadi bubuk tepung, nantinya tepung tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai produk makanan, seperti stik ikan dan masih banyak lagi olahan lainnya.


Manfaat Tepung Ikan

Mengapa begitu banyak variasi makanan dari olahan ikan, itu karena banyaknya variasi makanan dari ikan dan juga nutrisi yang terdapat dalam ikan begitu banyak. Kandungan nutrisi itu diantaranya adalah karbohidrat, kalsium, lemak, vitamin, protein, mineral, vitamin B12 dan juga fosfor.

Banyaknya inovasi olahan ikan, menjadikan sumber protein ini semakin disukai, terutama bagi yang kurang menyukai olahan ikan dalam bentuk aslinya seperti hanya direbus saja. Salah satu inovasi tersebut adalah tepung ikan, para peneliti pangan telah membuat terobosan tepung ikan, agar nutrisi dalam ikan tetap dapat diserap tubuh tanpa perlu khawatir dengan bau amis dari ikan tersebut.

Ikan yang sudah berwujud tepung memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dapat bertahan lebih lama dalam suhu tanpa mengalami perubahan bentuk apapun. Keunggulan lainnya adalah tepung ikan berkadar air rendah, namun masih memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi. Serta dapat juga diolah menjadi berbagai produk makanan, dan bisa juga menjadi campuran bahan pakan ternak.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Yang Dapat Dijadikan Tepung Serta Manfaat Tepung Ikan! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: