7 Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting pada

7 Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Perkembangan ilmu dalam dunia teknologi pangan, mendorong masyarakat melakukan pengembangan produk berinovasi olahan ikan menjadi semakin beragam saja.

Awalnya ikan hanya dikonsumsi dengan cara direbus saja, yang kemudian digoreng atau disajikan mentah seperti produk olahan ikan di Jepang. Produk inovasi tersebut tentu menarik banyaknya minat masyarakat untuk semakin mengkonsumsi produk olahan ikan. Ketika permintaan produk olahan ikan semakin meningkat maka mulai banyak pabrik berbondong-bondong mulai bermunculan dalam memproduksi olahan ikan ini.

Manfaat Tulang Ikan

√ Khasiat dan Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut admin paparkan informasi mengenai 7 Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia:


  • Tulang Ikan Sebagai Peluang Bisnis

Tabel Kandungan Gizi Tulang Ikan

Peluang usaha, olahan produk ikan bisa dirintis semua lapisan masyarakat hal ini sebab bahan baku utama berupa ikan cukup mudah diperoleh bahkan hampir semua daerah di Indonesia. Produk hasil dari olahan ikan ini bisa diproduksi sekala industri besar maupun kecil menegah. Produk sampingan sejumlah 25 % yang berupa tulang dan kepala tengkorak ikan, perlu usaha lebih untuk mengolahnya sehingga kurang dioptimalkan keberadaannya.

Tulang dan kepala tengkorak ikan ini dapat diproses menjadi tepung, karena bagian ikan ini masih terdapat kandungan mineral meskipun sedikit. Keberadaan kalsium yang terdapat pada tepung tulang ikan, berpotensi menambah kandungan gizi suatu produk olahan makanan tertentu, sehingga produk tersebut kaya akan kalsium.

Kalsium merupakan mineral utama penyusun tulang, kekurangan kalsium dapat menimbulkan kelainan pada tulang, seperti pengeroposan tulang atau sering disebut dengan Osteoporosis. Pusat data dan Informasi Kementerian Kesehata RI tahun 2015, melaporkan bahwa pengeroposan tulang kerap dialami oleh perempuan, berusia lanjut 50-80 tahun.

Hal tersebut dikarenakan perempuan membutuhkan lebih banyak mineral kalsium daripada laki -laki, sedangkan tubuh tidak mampu menghasilkan kalsium secara mandiri untuk memunuhi kebutuhan tubuh. Tubuh perlu asupan sumber kalsium dari luar, sumber kalsium bisa dipenuhi melalui asupan makanan yang kaya akan kalsium dan juga cukup olah raga untuk menguatkan pembentukan tulang.


  • Tulang Ikan Dapat Dijadikan Kerupuk

Kerupuk yang ada di Indonesia kebanyakkan memiliki rasa gurih yang dihasilkan dari bawang putih , udang maupun daging ikan. Namun ada juga kerupuk yang memiliki rasa yang unik dan cukup jarang ditemui yaitu kerupuk tulang ikan. Memang terdengar tidak biasa, namun rasa dan juga manfaat dari kerupuk ini sangat luar biasa loh.


  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tulang pada ikan memiliki kandungan kalsium dan protein yang cukup tinggi, kandungan kalsium inilah yang  mampu membuat tulang terhindar dari berbagai penyakit tulang. Kalsium yang ada pada kerupuk tulang ikan, dapat membantu pembentukan serta mempercepat pertumbuhan pada tulang dan gigi pada anak -anak.


  • Membantu Pembekuan Darah

Kandungan kalsium yang cukup tinggi yang juga terkandung dalam kerupuk tulang ikan, dapat membantu tubuh membekukan darah yang berguna untuk menutupi luka agar cepat tertutup.


  • Menjaga Tekanan Darah

Kalsium yang ada di tulang ikan hampir sama seperti yang terkandung dalam segelas susu sapi yang biasa kita minum. Kalsium sendiri sangat berguna uintuk mengontrol tekanan darah, serta membantu pergerakan kerja otot dan syaraf, sehingga membuat jantung lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung koroner.


  • Menghasilkan Tenaga

Selain mengandung kalsium yang tinggi, tulang ikan juga kaya akan protein yang mampu memberikan energi tambahan pada tubuh kita loh. Protein yang menjadi salah satu zat baik, yang dapat diserap oleh tubuh dan diubah menjadi tenaga ekstra.


  • Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya mampu menghasilkan energy bagi tubuh, tetapi protein tulang ikan juga mampu berguna menjaga kulit, otot dan rambut kita agar tetap sehat. Selain dapat menyehatkan, protein juga mampu untuk membangun dan memperbarui sel -sel kulit dan rambut yang suudah mengalami kerusakan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 7 Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

7 Manfaat Tulang Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 vote[s]