Mengenal Ikan Tenggiri Yang Kaya Akan Manfaat!

Diposting pada

Mengenal Ikan Tenggiri Yang Kaya Akan Manfaat! – Ikan tenggiri memiliki bau dan rasa yang khas sehingga banyak disukai. Dagingnya yang putih cocok digunakan sebagai bahan dasar pengolahan berbagai makanan. Ikan tenggiri biasanya dapat ditemukan pada daerah yang memiliki iklim tropis dan biasanya tinggal di daerah laut lepas. Banyaknya jumlah ikan tenggiri dalam sebuah wilayah bisa dipengaruhi dari letak geografisnya. Di indonesia sendiri, ikan tenggiri bisa banyak dijumpai di daerah gorontalo.

Untuk membedakan jenis ikan tenggiri yang jantan dan betina adalah dari ukuran dan isinya. Ikan tenggiri betina memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jantan. Selain itu ikan tenggiri betina memiliki masa hidup yang lebih yaitu bisa hingga 11 tahun. Ikan tenggiri memiliki banyak kandungan vitamin, lemak dan glikogen yang bermanfaat untuk tubuh.

Ikan tenggiri memiliki morfologi yang bisa dikatakan unik dan berbeda dengan jenis ikan yang lainnya. Pada tubuh ikan tenggiri terdapat sebuah garis dari insang hingga sirip. Garis ini cukup banyak sehingga terlihat sebagai bagian yang khas. Pada bagian punggung, ikan tenggiri memiliki warna biru agak kehijauannya. Ikan tenggiri memiliki bentuk tubuh yang cukup panjang namun pipih. Bagian sisi ikan tenggiri terlihat sangat kuat dan tidak memiliki sisik yang banyak.

Ikan tenggiri memiliki bentuk mulut yang besar dan runcing. Di dalam mulutnya terdapat gigi yang kuat dan tajam di kedua sisinya. Ikan tenggiri memiliki sirip dubur yang berukuran besar dan sama ukurannya dengan bagian punggung. Pada bagian sirip ekor terbagi atas dua cabang yang terdapat lekukan pada ujungnya. Ikan tenggiri cenderung rakus ketika mencari makan. Biasanya ikan tenggiri akan mencari makan sendiri.

Ikan tenggiri tergolong dalam hewan karnivora sehingga makanannya adalah ikan kecil. Ikan tenggiri biasanya akan memakan ikan haring. Selain ikan kecil, tenggiri juga memakan udang dan juga cumi. Ikan tenggiri biasanya akan mencari makan di daerah yang cukup berkarang dan memiliki laut yang luas. Anda bisa menemukan ikan tenggiri di laut dangkal.

Semakin banyak makanan yang dikonsumsi ikan tenggiri maka akan membuat tubuhnya bisa lebih cepat besar. Ketika sudah berukuran besar maka ikan tenggiri akan cenderung pergi ke tengah laut untuk mendapatkan lebih banyak makanan.  Ikan tenggiri tidak hidup berkelompok dan akan mencari makan seorang diri.


Variasi Jenis Ikan Tenggiri

ikan tenggiri

Terdapat beberapa jenis ikan tenggiri yang biasanya banyak dikonsumsi. Perbedaannya terdapat pada lokasi laut yang menjadi habitatnya. Ikan tenggiri biasanya dijadikan sebagai bahan olahan kerupuk, pempek dan lain sebagainya. Berikut beberapa jenis ikan tenggiri yang tersebar di seluruh dunia.

  • Tenggiri jepang
  • Tenggiri papua
  • Tenggiri cina
  • Tenggiri cero
  • Tenggiri korea

Keunikan Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang unik karena memiliki ciri yang berbeda dari ikan pada umumnya.  Mungkin jika sekilas akan terlihat mirip dengan ikan jenis lain, namun sebenarnya berbeda. Berikut beberapa keunikan yang dimiliki ikan tenggiri:

  • Ikan tenggiri memiliki gigi yang tajam. Bentuk mulutnya juga sangat khas yaitu berbentuk panjang dan runcing.
  • Ikan tenggiri memiliki sirip yang tipis dan hampir tidak terlihat. Ketika anda melihatnya maka bisa langsung mengetahui bahwa itu merupakan jenis ikan tenggiri.
  • Ikan tenggiri memiliki bagian tubuh yang pipih pada bagian pinggirnya. Namun pada bagian tersebut memiliki kekuatan yang lebih besar daripada bagian lainnya.

Cara Merawat Ikan Tenggiri Dewasa

Untuk bisa dijualnya tentu biasanya anda harus memilih jenis ikan tenggiri yang sudah dewasa dan memiliki ukuran yang besar. Untuk itu, perawatan ikan tenggiri yang sudah dewasa harus dilakukan dengan baik agar memiliki kualitas yang baik pula. Semakin berkualitasnya seekor ikan, tentu akan semakin tinggi juga harga jualnya. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara merawat ikan tenggiri yang sudah dewasa:


  1. Frekuensi Pemberian Makanan

Saat melakukan pemberian makan terhadap ikan tenggiri, maka anda harus memperhatikan dengan baik waktunya. Anda harus menentukan jumlah pakan yang diberikan setiap hari berapa banyak dan diberikan pada jam berapa saja. Jarak pemberian makan juga harus diperhatikan agar ikan tidak kelaparan.


  1. Perhatikan Kesehatan Ikan

Untuk bisa menghasilkan ikan tenggiri dewasa yang berkualitas, maka anda harus memperhatikan kesehatan ikan tersebut. Perhatikan apakah terjadi perubahan pada tubuh ikan atau tidak. Anda bisa merawat kesehatan ikan dengan memperhatikan jenis pakannya dan kualitas air yang terdapat di kolam.


  1. Berikan Pakan Yang Sesuai

Jenis pakan yang bisa dikonsumsi ikan tenggiri memang tidak banyak. Ikan tenggiri biasa mengkonsumsi ikan kecil untuk bertahan hidup. Ketika di laut, ikan tenggiri cenderung mencari makan sendiri dan memangsa ikan kecil. Untuk bisa membuat ikan tenggiri betah di dalam kolam dan menganggap kolam tersebut sebagai habitatnya, maka jenis makanan juga harus disesuaikan. Anda bisa memberikan jenis ikan yang berukuran kecil sebagai pakan.


  1. Amati Pertumbuhannya

Ketika anak ikan tenggiri berubah menjadi tenggiri dewasa tentu akan mengalami beberapa perubahan. Berbagai hal bisa berubah dari ikan tenggiri mulai dari tubuhnya, panjang dan ukurannya. Untuk mengetahui kondisi ikan tenggiri tersebut apakah dalam keadaan baik atau tidak maka anda bisa melihat dari pertumbuhannya.


Pakan Terbaik Untuk Ikan Tenggiri

Untuk mendapatkan ikan tenggiri yang berkualitas dan besar, maka anda harus memperhatikan jenis pakan yang diberikan. Biasanya ikan tenggiri akan diberikan pakan yang berupa ikan kecil yang segar. Di dalam jenis makanan terbaik ini terdapat kandungan yang dibutuhkan oleh ikan tenggiri untuk bisa berkembang menjadi lebih baik.

Pakan ikan tenggiri ini memiliki harga yang terjangkau, anda bisa memilihnya sesuai dengan dana yang dimiliki. Ikan tenggiri tidak memiliki banyak jenis makanan yang harus dikonsumsi. Dengan menyediakan ikan kecil segar saja maka pakan tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan ikan tenggiri.

Namun yang harus diperhatikan adalah kualitas dari ikan kecil tersebut dan frekuensi pemberian makan. Ikan tenggiri harus diberi makan minimal 2 kali dalam sehari untuk bisa berkembang dengan baik. Jarak pemberian makanan juga harus anda perhatikan dan pastikan ikan tenggiri sudah makan dan merasa kenyang. Jika ikan tenggiri tumbuh dengan baik maka tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda.


Perawatan Kolam Ikan Tenggiri

Agar bisa menghasilkan ikan tenggiri yang berkualitas maka perawatan kolamnya pun harus dilakukan dengan baik. Perawatan ini bisa anda lakukan dirumah. Sehingga anda bisa membuat kolam khusus yang digunakan untuk membudidayakan ikan tenggiri. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk melakukan perawatan kolam untuk ikan tenggiri:


  1. Bersihkan Air Kolam Secara Rutin

Ketika kolam sudah lama ditinggali maka seringkali akan muncul lumut dan bakteri yang lainnya. Untuk memelihara kesehatan ikan tenggiri, maka anda harus membersihkan kolam secara rutin. Anda bisa membersihkan kolam dalam sebulan sekali. Semakin bersih kolam yang ditinggali oleh ikan tenggiri, maka akan semakin berkualitas juga ikan yang bisa dihasilkan.


  1. Perhatikan Kualitas Air

Kualitas air dalam kolam ikan tenggiri harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai, dalam kolam ikan tenggiri terdapat bakteri yang bisa merusak kualitas ikan. Anda bisa setiap hari mengontrol keadaan kolam. Catat perubahan yang terjadi. Melalui data tersebut anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti air di kolam. Kualitas air akan mempengaruhi kesehatan ikan tenggiri.


  1. Gunakan Sirkulasi Air Yang Sesuai

Untuk bisa hidup dengan baik tentunya ikan membutuhkan sirkulasi air yang sesuai dan baik. Sirkulasi air ini digunakan untuk memastikan kualitas air di dalam kolam. Dengan adanya sirkulasi air, maka secara otomatis air akan terus berganti seiring dengan jalannya proses sirkulasi. Kondisi tersebut bisa menghasilkan oksigen yang cukup bagi ikan tenggiri untuk dapat bertahan hidup.


Harga Ikan Tenggiri di Pasaran

Jika membahas tentang harga jual ikan tenggiri di pasaran cukup beragam. Hal ini ditentukan dari kualitas dan ukuran ikan tenggiri. Biasanya sebelum menentukan harga maka ikan akan ditimbang terlebih dahulu untuk diketahui beratnya. Dari jumlah berat tersebutlah harga ikan tenggiri akan ditentukan. Setiap ekor ikan tenggiri pasti mempunyai ukuran dan berat massa yang berbeda-beda. Namun umumnya ikan tenggiri dijual dari harga 80 ribuan untuk perkilonya.


Cara Memilih Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri harus disimpan dengan baik agar tidak bau amis dan dagingnya bisa awet. Jika ikan tenggiri disimpan dengan baik maka bisa bertahan sampai 6 bulan. Untuk itu jika anda ingin mengkonsumsinya untuk jang yang panjang, simpanlah ikan dengan baik.

Namun seringkali anda tidak yakin jika harus menyimpan ikan selama 6 bulan dan kebanyakan lebih memilih untuk membelinya. Jika anda membelinya maka harus cermat memilihnya, jangan sampai salah pilih karena bisa mempengaruhi cita rasa. Berikut akan dijabarkan cara memilih ikan tenggiri:

  • Tekan bagian tubuh ikan tenggiri, jika terasa daging masih keras maka artinya anda bisa membeli ikan tersebut. Tekstur daging yang keras menandakan bahwa ikan masih dalam keadaan segar.
  • Lihatlah apakah ikan tenggiri masih segar dan memiliki warna yang cerah. Ikan tenggiri yang segar biasanya akan terlihat berkilau. Jika warna sudah berubah atau tidak berkilau artinya ikan tersebut tidak segar.
  • Sebelum anda menyimpan ikan tenggit, pastikan telah dibersihkan dengan baik. Gunakanlah kantong kedap udara agar ikan tidak mudah busuk. Jangan lupa untuk menyimpan ikan di freezer agar ikan agak beku.
  • Ikan tenggiri memiliki sisik yang sedikit. Lihatlah apakah bagian sisik terkelupas atau tidak. Jika sudah terkelupas sedikit artinya ikan masih dalam kondisi segar.
  • Pastikan anda memilih ikan tenggiri yang tidak berlendir atau memiliki bau busuk.
  • Menentukan seekor ikan masih segar atau tidaknya, anda bisa melihatnya pada bagian insang. Ikan yang masih segar akan memiliki insang berwarna merah. Sedangkan ikan yang tidak segar insangnya akan berubah menjadi gelap.
  • Ikan tenggiri yang masih segar memiliki sirip kuat.
  • Lihatlah bagian mata ikan tenggiri, apakah masih cembung dan menonjol. Jika tidak terlihat cembung maka artinya ikan tersebut tak lagi segar.

Reproduksi ikan tenggiri

Setiap makhluk hidup tentu akan mengalami masa reproduksi, begitu juga dengan ikan tenggiri. Ikan tenggiri akan bertelur dan mengalami reproduksi pada saat tertentu, tergantung dari suhu di perairan. Terkait suhu akan terjadi musim kerang panjang, dimana ikan tenggiri jantan bisa membuahi ikan tenggiri betina pada saat tersebut.

Proses pembuahan biasanya akan terjadi disekitar daerah tengah laut. Sistem reproduksi akan terjadi di tempat yang bisa terlindungi dan tidak terlihat. Tempat berkarang menjadi lokasi yang paling cocok untuk ikan tenggiri melakukan reproduksi.

Saat proses memijah, maka sel telur ikan tenggiri akan terbawa arus hingga dekat bibir pantai dan mungkin saja bermuara di sebuah sungai. Saat bulan mei di daerah thailand banyak ditemukan ikan tenggiri betina yang berukuran besar. Biasanya ikan tenggiri betina akan memiliki panjang hingga 50 cm. Secara umum memang ikan betina memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan tenggiri jantan.


Penyebaran Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri termasuk dalam ikan yang mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau. Hal tersebutlah yang membuat kebanyakan orang suka mengkonsumsi ikan jenis ini. Ikan tenggiri mudah ditemukan di berbagai tempat pada wilayah afrika utara dan pasifik barat.

Penyebarannya pun sampai ke wilayah indonesia, fiji, australia terus mengarah ke utara hingga sampai sampai ke perairan china dan jepang. Wilayah penyebaran jenis ikan yang satu ini sangat luas terbentang. Hal ini yang membuat ikan tenggiri sangat mudah ditemukan dimanapun.

Di wilayah indonesia sendiri, potensi penyebaran jenis ikan yang satu ini terdapat di daerah pulau yang memiliki perairan luas seperti jawa, sumatera, kalimantan, nusa tenggara, maluku hingga irian. Ikan tenggiri sangat cocok untuk hidup di daerah yang memiliki iklim tropis.

Hal tersebutlah yang membuat ikan tenggiri cocok dibudidayakan di wilayah indonesia. Ikan tenggiri kebanyakan tinggal di daerah yang memiliki laut cukup dalam. Kedalaman laut yang ditinggali jenis ikan ini mencapai 70 meter dari permukaan laut. Indonesia memiliki banyak jenis laut dengan kedalaman yang cocok untuk habitat ikan tenggiri. Hal ini membuat indonesia menjadi surga dan banyak disukai oleh ikan tenggiri.


Manfaat Ikan Tenggiri

Banyak sekali masyarakat yang suka mengkonsumsi ikan tenggiri. Selain memiliki daging yang gurih dan segar, ikan tenggiri ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berbagai jenis olahan ikan tenggiri bisa dibuat untuk dijadikan bahan makanan. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa manfaat mengkonsumsi ikan tenggiri.


  1. Menghilangkan Ketombe

Masalah ketombe seringkali dialami oleh banyak orang. Ketombe bisa merusak penampilan karena berbentuk putih dan seringkali terjatuh dan mengotori baju. Hal ini tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri anda. Ketombe juga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal.

Dengan menggunakan olahan ikan tenggiri maka anda bisa mengatasi masalah ketombe. Keringkan ikan tenggiri kemudian haluskan dagingnya. Tambahkan lidah buaya agar bisa lebih maksimal. Oleskan pada seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas.


  1. Kolesterol

Tubuh memang membutuhkan kadar kolesterol yang cukup. Jika jumlahnya masih normal maka tidak akan berbahaya. Namun  jika sudah berlebihan maka bisa menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol biasanya terjadi akibat dipicu oleh berbagai faktor seperti makanan dan gaya hidup. Hal tersebut membuat kolesterol dalam darah menjadi meningkat. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan, karena bisa menggunakan ikan tenggiri. Mengkonsumsi ikan tenggiri bisa menurunkan kolesterol dalam darah.


  1. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ikan tenggiri untuk ibu hamil ternyata sangat penting, karena bisa meningkatkan kecerdasan anak yang dikandungnya. Aspek kecerdasan sangat dibutuhkan untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Dengan kecerdasan anda bisa cermat dan teliti untuk menjalani hidup. Di dalam seekor ikan tenggiri, memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Kandungan ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Sehingga ibu mengandung dianjurkan untuk secara rutin makan ikan tenggiri.


  1. Mengatasi Depresi

Berbagai masalah bisa saja terjadi dan mengakibatkan banyak hal yang harus dipikirkan. Hal ini memang sering terjadi, namun jika stress dibiarkan kian tumbuh bisa mengakibatkan depresi. Orang yang mengalami depresi biasanya akan mendapatkan tekanan dari berbagai faktor, bisa dari luar dan juga dalam. Dengan mengkonsumsi ikan tenggiri kalian dapat merasakan ketenangan hati. Hal ini bisa membantu anda untuk mengatasi depresi.


  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan indra tubuh yang memiliki peranan besar. Untuk itu harus dijaga dengan baik. Untuk itu anda wajib mengkonsumsi makan sehat yang juga bisa memelihara kesehatan mata. Salah satu makanan yang bisa membantu anda untuk merawat kesehatan mata adalah ikan tenggiri. Di dalam ikan tenggiri terdapat vitamin a yang berfungsi untuk membuat mata tetap sehat.


  1. Anti Kanker

Kanker merupakan virus yang bisa merusak sel tubuh dan mengakibatkan sebuah penyakit. Beberapa virus kanker sulit untuk dideteksi. Namun setelah memasuki fase kritis, maka penderita kanker akan merasakan sakit yang luar biasa. Penyakit kanker merupakan jenis penyakit serius dan banyak memakan korban. Untuk mencegah hal tersebut, anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki komposisi mineral, karbohidrat dan vitamin yang serimbang. Salah satu jenis makanan yang dianjurkan adalah ikan tenggiri.


  1. Memelihara Pencernaan

Jika anda mengalami masalah pencernaan tentu akan merasakan sembelit. Kondisi ini sangat tidak nyaman untuk dialami dan bisa merusak sistem pencernaan dalam tubuh. Jalannya sistem pencernaan tentu akan dipengaruhi oleh berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk memperlancar pencernaan, anda bisa mengkonsumsi ikan tenggiri. Berbagai olahan ikan tenggiri menjadi alternatif untuk memilih varian makanan untuk dikonsumsi.


Habitat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang suka hidup di laut dangkal. Hal tersebut memudahkan ikan tenggiri untuk menetap dan mencari mangsa. Ikan tenggiri menyukai daerah laut yang memiliki banyak batu karang. Selain itu, ikan tenggiri suka tinggal di laut yang tidak memiliki banyak arus atau tidak ada sumber air di dekatnya. Kondisi air laut yang keruh membuat ikan tenggiri lebih nyaman untuk tinggal. Tidak hidup berkelompok membuat ikan tenggiri menyukai kesendirian dan seringkali sembunyi di balik karang.

Ikan tenggiri biasanya akan menetap pada sebuah daerah tertentu dalam waktu yang cukup lama. Namun seringkali ikan tenggiri akan pindah dan mencari habitat lain jika sudah merasa tidak nyaman. Ikan tenggiri memiliki masa sendiri ketika harus pindah. Pola air dan temperatur air membuat kebanyakan ikan tenggiri memutuskan untuk berpindah. Selain itu ikan tenggiri yang sedang hamil dan ingin bertelur akan berpindah tempat. Namun bisa saja bervariasi tergantung dari keadaan ikan tenggiri.


Kandungan Dalam Ikan Tenggiri

Mengkonsumsi ikan tenggiri dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit. Berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan tenggiri. Hal tersebut bisa diatasi karena ikan tenggiri terdiri dari berbagai kandungan yang bergizi. Apa saja kandungan tersebut, simak informasi di bawah ini:

  • Ikan tenggiri mengandung banyak protein. Kandungan ini bisa membantu pembentukan otot agar lebih kuat.
  • Dalam seekor ikan tenggiri terkandung 109 kalori. Kandungan in bisa memberikan energi untuk tubuh. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi untuk beraktivitas seharian.
  • Kandungan zat besi juga terdapat dalam ikan tenggiri yang bisa bermanfaat untuk mengatur kadar hemoglobin pada tubuh.
  • Ikan tenggiri juga banyak mengandung kalsium yang berfungsi untuk menjaga komposisi tulang. Dengan mengkonsumsi ikan tenggiri maka anda bisa terhindar dari penyakit osteoporosis.
  • Dalam ikan tenggiri mengandung lemak. Memang tidak banyak, namun lemak juga dibutuhkan untuk tubuh. Ikan tenggiri memiliki kandungan lemak sebanyak 2,6 gram.
  • Vitamin a, b1 dan c terkandung dalam ikan tenggiri. Hal ini bisa melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Olahan Ikan Tenggiri

Selain rasanya enak, ikan tenggiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi olahan ikan tenggiri. Berikut beberapa pilihan olahan ikan tenggiri yang bisa dikonsumsi.

  1. Mackerel

Olahan ikan tenggiri ini sangat enak dikonsumsi dan bisa meningkatkan kinerja otak. Makarel biasanya terbuat dari daging ikan tenggiri yang sudah dipisahkan sehingga tidak memiliki tulang. Di dalam dagingnya memang ada sedikit tulang muda, namun bagian tersebut bisa dimakan. Makarel akan diolah menggunakan campuran saos tomat dan beberapa bahan rempah yang lainnya.

  1. Pempek

Jenis olahan ikan tenggiri yang satu ini tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya dan bahkan sering dikonsumsi. Pempek terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung. Biasanya pempek memiliki isian berupa telur. Namun ada juga yang tidak menggunakan isian. Pempek disajikan bersama dengan mie kuning, timun, koya dan kuah spesial yang rasanya agak asam.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Ikan Tenggiri Yang Kaya Akan Manfaat! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: