Mengenal Ikan Tongkol Yang Kaya Akan Manfaat!

Diposting pada

Mengenal Ikan Tongkol Yang Kaya Akan Manfaat! – Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Memang kedua jenis ikan ini sering dikonsumsi oleh banyak orang. Namun keduanya merupakan jenis ikan yang berbeda. Mungkin ketika diolah orang bingung untuk membedakan karena bentuk dagingnya yang hampir mirip. Namun hal ini bisa dibedakan ketika anda melihat bentuk aslinya.

Ikan tongkol memiliki berat dan ukuran yang lebih kecil daripada ikan tuna. Biasanya ikan tongkol memiliki berat hingga 14 kg namun ikan tuna bisa mencapai berat 350 kg. Uniknya di seluruh dunia, ikan tongkol dikenal dengan sebutan mackerel tuna. Ikan tongkol bisa diolah menjadi berbagai makanan enak. Dimakan dengan nasi panas adalah cara menikmati ikan tongkol terbaik.


Ciri-ciri Ikan Tongkol

ikan tongkol

  • Pada saat ikan tongkol dewasa ia akan mencapai berat sekitar 13 kg dan memiliki cagak sekitar 60cm. Badan ikan tongkol sangat unik karena runcing pada bagian depan dan belakang namun terdapat lengkungan pada tengah tubuhnya. Terdapat dua sirip utama di bagian punggung ikan tongkol. Sirip ini berfungsi untuk membantu ikan untuk berenang dengan baik di laut.
  • Selain itu terdapat juga beberapa sirip kecil pada dubur dan punggung. Sirip ini membuat ikan tongkol bisa berenang dengan cepat. Tidak heran jika jenis ikan ini terkenal sebagai jenis ikan yang berenang dengan cepat. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang gesik sehingga sulit untuk ditangkap. Membutuhkan keahlian khusus untuk menangkapnya.
  • Ikan tongkol memiliki warna yang cukup berbeda sehingga mudah dibedakan. Pada bagian atas tubuh ikan tongkol berwarna biru agak tua dan bagian bawahnya putih mengkilap seperti silver. Punggul ikan tongkol terdiri dari sekitar 10-12 jari-jari pada sirip dan 10-13 sirip halus. Sedangkan pada bagian dubur ikan tenggiri memiliki 10-14 sirip halus.

Variasi jenis ikan tongkol

Terdapat beberapa jenis varian ikan tongkol yang bisa ditemukan di pasaran. Salah satu negara yang menghasilkan ikan tongkol terbesar dan berkualitas adalah jepang. Mayoritas orang jepang sangat menyukai olahan jenis ikan. Namun di indonesia sendiri terdapat dua varian ikan tongkol yang biasanya dijual.

  1. Ikan tongkol pindang

Jenis ikan ini merupakan ikan tongkol yang sudah dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan cara dipindang. Ikan ini akan memiliki rasa yang lebih bervariasi karena sudah dibumbui. Ikan ini sangat populer dikalangan masyarakat pada umumnya. Jenis ini sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar tongkol balado. Akan lebih enak jika dikonsumsi bersama nasi hangat.

  1. Ikan tongkol segar

Ikan tongkol jenis ini biasanya bisa anda temukan di pasar. Ketika dijual, ikan ini baru saja dimatikan sehingga masih dalam keadaan yang segar. Jenis ikan ini cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai makanan dan juga bahan makanan kaleng. Ikan tongkol yang segar lebih enak dikonsumsi daripada jenis ikan kaleng.


Keunikan ikan tongkol

Ikan tongkol memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut menjadi karakteristik utama ikan tongkol agar lebih mudah untuk dikenali dan dibedakan dengan beberapa jenis ikan yang lainnya. Berikut akan dijabarkan beberapa keunikan yang dimiliki ikan tongkol:

  • Pada bagian punggung, terdapat dua sirip utama yang dipisahkan oleh sebuah celah yang cukup sempit. Pada sirip yang pertama di bagian punggung terdapat celah berukuran kecil. Sedangkan pada bagian sirip yang kedua terdapat sirip tambahan sebanyak 8-10.
  • Ikan tongkol memiliki bentuk yang panjang dan terlihat seperti torpedo.
  • Umumnya ikan tongkol memiliki bentuk tubuh yang panjang hingga 60 cm.
  • Ikan tongkol tidak memiliki gelembung yang digunakan untuk berenang.
  • Terdapat sirip sebanyak 14 pada bagian dubur.
  • Pada bagian dada terdapat sirip pendek yang panjangnya tidak mencapai celah.
  • Sirip pertama punggung ikan tongkol terdapat jari-jari sebanyak 10 ruang. Sedangkan pada sirip kedua memiliki jari-jari 12. Selain itu terdapat juga sirip tambahan pada bagian punggung sebanyak 6-9.
  • Ukuran tubuh ikan tongkol cenderung sedang dan berisi.
  • Bagian punggung ikan tongkol berwarna gelap agak kebiruan. Sedangkan pada bagian badan serta perut berwarna putih.

Ikan tongkol termasuk kedalam jenis ikan tuna kecil yang mempunyai badan memanjang dan tidak mempunyai sisik serta mempunyai sirip punggung yang sangat keras. Ikan tongkol ini termasuk kedalam jenis famili scombridae dengan genus euthynnus yang mempunyai ukuran yang lumayan besar. Panjangnya sekitar 50-60cm dan juga berwarna abu-abu serta memiliki daging debal berwarna merah tua.

Namun, untuk menentukan beberapa tingakatan dapat dilakukan dengan cara  menentukan anatomi, morfologi dan klasifikasi ikan tongkol ini dapat dibedakan berdasarkan tingkatannya yaitu sebagai berikut :


Klasifikasi ikan tongkol

Menurut saenan, 1984 klasifikasi ikan tongkol ini adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : animalia
  • Phylum : chordata
  • Sub phylum : vertebrata
  • Kelas : pisces
  • Sub kelas : teleos
  • Ordo : percomorphi
  • Famili : scombridae
  • Genus : euthynnus
  • Spesies : euthynnus affinis

Morfologi ikan tongkol

Ikan tongkol ini memiliki bagian kepala memanjang dan agak meruncing dengan mulut yang meruncing kebawah, selain itu memiliki bagian kelapa berawarna abu – abu yang mengkilat. Bagian badan ikan tongkol ini memanjang yang berbentuk pipih disertai dengan adanya sirip punggung, dubur, perut dan juga dada pada bagian pangkal melengkung pada tubuh. Sehingga bagian sirip tersebut dapat dilipat masuk kedalam lekukan tersebut. Kemudian pada bagian belakang dari sirip punggung dan sirip dubur tersebut merupakan sirip tambahan kecil yang disebut dengan finlet. ( djunhanda, 1981 )


Komposisi Kimia Ikan Tongkol

Komponen kimia utam dari daging ikan adalah air, protein dan lemak yang mencapai 98 % dari total berat daging. Selain itu, komponen ini juga sangat mempengaruhi terhadap nilai nutrisi, sifat fungis, kualitas sensori dan stabilitas penyimpanan pada daging.  Kandungan komponen kimia lainnya itu berupa karbohidrat, vitamin dan mineral berkisar 2 % yang sangat memiliki peran penting dalam biokima didalam jaringan ikan yang sudah mati ( sikoski, 1994 ).

Kandungan gizi  ikan tongkol ini berupa kadar air 71.00-76.776 %, protein 21.60-26.30 %, lemak 1.30-2.10 %, mineral 1.20-150 % dan abu 1.45-3.40 %. Secara umum bagian ikan yang dikonsumsi berkiasr antara 45 – 50 %. ( suzuki, 1981 )


Habitat ikan tongkol

Ikan tongkol hidup di daerah perairan yang memiliki suhu sedang dan air hangat. Suhu air yang cocok untuk ditinggali oleh ikan tongkol adalah 25-27 derajat. Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang hidup dan berkembang biak secara berpindah. Ikan tongkol hidup di daerah perairan yang memiliki air asin.

Biasanya ikan tongkol akan di hidup di permukaan air sehingga mudah ditemukan. Kedalaman air yang bisa ditempati ikan tongkol adalah sekitar 50 meter. Ikan tongkol bersama dengan ikan jenis lainnya seperti cakalang dan selar hidup berkelompok dan mencari makan bersama-sama. Salah satu jenis makanan ikan tongkol adalah ikan kecil lainnya seperti cumi, udang dan ikan lemuru.

Ikan tongkol yang tinggal beberapa perairan laut memiliki perubahan tubuh yang berbeda. Seperti di laut india, ikan tongkol akan memiliki panjang sekitar 43 cm. Sedangkan pada perairan filipina, jenis tongkol dewasa biasanya memiliki panjang sekitar 40 cm. Perbedaan ini terjadi akibat suhu air dan jenis makanan yang berbeda.

Ikan tongkol membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk tumbuh menjadi dewasa. Jenis ikan ini biasanya bisa bertahan hidup sekitar 6 tahun. Ikan tongkol mengalami masa bertelur yang berbeda-beda disetiap daerah. Di indonesia sendiri, ikan tongkol akan bertelur antara bulan agustus-oktober. Selanjutnya ikan tongkol akan bertelur pada sekitar daerah permukaan laut.

Hal tersebut terjadi karena telur ikan tongkol memiliki sifat pelagis. Telur ini akan mengambang di atas permukaan laut. Telur akan berkembang menjadi larva dan tumbuh hingga menjadi ikan tongkol dewasa. Dalam setiap musim, ikan tongkol betina bisa mengeluarkan ratusan telur. Tingginya gelombang air laut terkadang membuat telur terbawa arus dan sulit untuk bertahan hidup.


Budidaya ikan tongkol

Meskipun ikan tongkol merupakan jenis ikan yang mudah didapatkan namun terdapat juga budidaya ikan tongkol agar memudahkan dalam hal perkembangbiakannya. Dengan melakukan budidaya terhadap ikan tongkol, maka anda bisa langsung melihat bagaimana proses perkembangannya dari masa ke masa. Proses budidaya juga dilakukan agar pemberian pakan bisa sesuai dan menjamin pertumbuhannya.

Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk bisa melakukan budidaya ikan tongkol. Hal ini harus dipersiapkan agar bisa melakukan budidaya dengan baik dan tepat. Apa saja yang harus disiapkan, simak penjelasannya di bawah ini.


  1. Pompa air

Perlengkapan ini diperlukan agar bisa memastikan air yang masuk ke kolam bisa selalu bersih. Pompa air akan berperan sebagai sarana sirkulasi air di kolam. Secara teratur maka air akan diganti dan dibuang melalui saluran tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas air yang akan menunjang hidup ikan.


  1. Timba

Bagi ikan, air digunakan sebagai sumber oksigen. Dari hal tersebut ikan bisa memelihara sistem pernapasannya dengan baik. Timba digunakan untuk memompa dan mengalirkan air agar bisa merata. Semakin merata air bisa yang bisa dialirkan, maka ikan memiliki sumber oksigen yang lebih banyak. Dengan begitu maka ikan bisa berkembangbiak dengan baik.


  1. Bibit ikan tongkol

Bahan utama untuk budidaya ikan tongkol adalah bibitnya. Gunakan bibit unggulan agar bisa mendapatkan ikan tongkol yang berkualitas. Tentukan berapa jumlah bibit ikan tongkol yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebar benih secara rata agar ikan dapat berkembangbiak dengan baik. Sesuaikan juga jumlah bibit dengan besar kolam.


  1. Jaring

Peralatan yang satu ini digunakan untuk menyaring kotoran yang mungkin masuk ke dalam kolam. Dengan adanya jaring, maka hama tidak bisa masuk sembarangan. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan benih ataupun jenis ikan tongkol dewasa. Jaring juga sering dibersihkan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan agar bisa memastikan kualitas dari peralatan yang digunakan. Beberapa hal ini akan berpengaruh pada kesehatan ikan.


  1. Kolam

Kolam menjadi tempat tinggal ikan tongkol yang dibudidayakan. Untuk itu kolam memiliki peranan yang sangat penting bagi ikan tongkol bisa bertahan hidup. Luas kolam juga harus diperhatikan dengan baik agar bisa sesuai dengan bibir yang akan dikembangkan. Kedalaman laut juga harus diperhatikan agar ikan tongkol bisa nyaman untuk berkembangbiak.


Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan omega 3 yang ada pada ikan tongkol ini dapat mengurangi resiko mengalami age macular disease atau jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu kandungan omega 3 ini juga akan menurunkan resiko mengalami kerusakan pada mata.


  • Menyembuhkan Penyakit Rematik

Apakah kalian sering merasakan nyeri dan sakit akibat rematik? Selain mengkonsumsi obat rematik, ternyata ikan tongkol ini juga bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit rematik. Ikan tongkol juga dapat kalian olah sesuai selera, seperti :

  • Digoreng
  • Dibuat sup
  • Ikan tongkol balado
  • Sebagai campuran pada masakan lain, seperti nasi goreng atau mie goreng

Kalian dapat mengkonsumsi olahan ikan tongkol tersebut setiap hari jika ingin membantu proses penyembuhan rematik yang cukup parah.


  • Dapat Mencegah Anemia

Ikan tongkol mempunyai kandungan manfaat zat besi alami yang dapat membantu untuk mencegah terserang anemia. Anemia yang diderita dapat memunculkan gejala-gejala seperti :

 Letih, lesu, lunglai, lemah dan lemas

  • Daya tahan tubuh menurun
  • Pegal pegal pada bagian persendian
  • Wajah memucat
  • Mudah terserang berbagai macam penyakit.

Akan tetapi perlu kalian perhatikan apabila ingin mengkonsumsi ikan tongkol untuk mencegah terjadinya anemia, pastikan untuk tidak menggoreng ikan tongkol. Caranya adalah dengan merebus ikan tongkol segar dan buatlah menjadi semacam sup untuk dikonsumsi setiap harinya.


  • Mencegah Ejakulasi Dini

Pada ikan tongkol ternyata bukan hanya dagingnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, akan tetapi bagian insang ikan tongkol ini juga dapat membantu untuk mengatasi dan mencegah ejakulasi dini. Berikut ini cara mengolahnya:

  • Rebuslah insang ikan tongkol segar dengan mencampurkan 3-4 lembar daun jeruk purut.
  • Tambahkan garam, masak hingga mendidih.
  • Minum airnya kira-kira 1 sampai 2 jam sebelum melakukan hubungan.
  • Namun demikian, manfaat ini sepertinya belum teruji secara ilmiah dan hanya menimbulkan unsur sugestif, sehingga masih harus diteliti lebih lanjut.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Omega 3 yang tekandung dalam ikan tongkol juga bisa membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang. Selain bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif, dapat juga bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung, agar kemampuan kognitif dari bayi menjadi semakin baik.


  • Detoksifikasi Hati

Pada ikan tongkol terdapat kandungan seenium yang berguna untuk membantu organ hati melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh. Selenium dapat mempercepat dan membantu proses tersebut.


  • Melindungi Saluran Pencernaan

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat lain omega 3 ini adalah dapat membantu dalam menjaga saluran pencernaan tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada organ-organ pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya kanker ovarium pada wanita.


  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol juga mampu menjaga kesehatan jantung kalian. Kandungan omega 3 ikan tongkol dapat menjaga detak jantung kalian sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.


  • Kandungan Protein Yang Tinggi

Ya, ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan protesin yang tinggi. Protein pada ikan tongkol sering dimanfaatkan sebagai asupan protein yang rendah lemak, biasanya sebagai pengganti manfaat dagingmerah. Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari protein yang terkandung pada ikan tongkol:

  • Meningkatkan masa otot
  • Menambah daya tahan tubuh
  • Memperkuat otot
  • Mengikat lemak
  • Memberikan energy lebih bagi tubuh

  • Mencegah Terjadinya Obesitas

Ikan tongkol memiliki kandungan epa yang tinggi. Epa yang tinggi ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Dengan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan ini, maka akan terbantu dalam mencegah terjadinya obesitas pada diri.


Reproduksi Ikan Tongkol

Setiap makhluk hidup memiliki sistem reproduksi yang berbeda-beda. Ikan tongkol bertelur untuk melakukan reproduksi. Ini merupakan proses yang penting untuk bisa mendapatkan keturunan dan melestarikan spesiesnya. Dibutuhkan spesies jantan dan juga betina untuk bisa melakukan reproduksi. Reproduksi ikan tongkol terjadi diatas permukaan air.

Ikan tongkol akan melakukan reproduksi sekitar 50m dari permukaan laut. Ikan tongkol betina akan melepaskan telurnya dan telur akan terbawa arus air untuk bisa berkembang. Ikan merupakan jenis makhluk hidup yang memiliki siklus reproduksi yang teratur. Hal tersebut membuat ikan tongkol akan mengeluarkan telur pada masa tertentu.

Ikan tongkol betina akan mengeluarkan telur pada saat pemijahan terjadi. Dalam satu proses pemijahan, ikan tongkol jenis betina bisa mengeluarkan ratusan hingga ribuan telur sekaligus. Telur akan langsung menyebar ke segala arah tergantung dari arus air pada laut saat tersebut. Telur akan naik ke permukaan laut sedikit demi sedikit untuk bisa berubah menjadi larva.


Kandungan gizi ikan tongkol

Selain enak untuk dikonsumsi, ikan tongkol juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Hal tersebut yang membuat banyak sekali masyarakat yang suka makan tongkol. Terdapat berbagai kandungan gizi di dalam ikan tongkol sehingga mampu memenuhi nutrisi dalam tubuh. Apa saja kandungan gizi tersebut, berikut ulasannya.


  1. Kalium

Terdapat kandungan kalium 9 mg dalam ikan tongkol yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Untuk beraktivitas dengan baik maka anda harus memiliki tulang yang sehat. Tulang menjadi komponen yang penting untuk menopang tubuh. Meskipun sudah lanjut usia, namun memiliki tulang yang bagus maka bisa tetap bugar. Kalium juga mengandung banyak mineral yang bisa dibutuhkan tubuh. Kalium juga berfungsi untuk merawat otot dan saraf. Mengkonsumsi ikan tongkol yang kaya akan kalium membantu untuk memelihara kesehatan jantung.


  1. Omega 3

Ikan tongkol memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Hal ini membuat ikan tongkol baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Bahkan ikan tongkol juga bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Hal ini dilakukan agar perkembangan otak bayi bisa berjalan dengan lebih baik. Selain itu omega 3 bisa mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.


  1. Lemak

Lemak merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan tubuh mengalami kegemukan. Namun jika kandungan lemak sesuai dalam sebuah makanan maka bisa bermanfaat untuk tubuh. Lemak membantu penyerapan vitamin dalam tubuh. Ikan tongkol memiliki kadar lemak yang sesuai dan dibutuhkan untuk tubuh.

Ikan tongkol memiliki banyak manfaat sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi. Ikan jenis ini cocok dimakan dengan apapun. Memiliki daging yang lembut membuat anak-anak juga menyukai olahan ikan ini.


  1. Protein

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk jaringan yang kuat dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  Jika tubuh memiliki kekebalan yang bagus maka tidak akan mudah terserang penyakit.

Untuk menambahkan kandungan protein di dalam tubuh, konsumsi ikan tongkol sangat disarankan. Pada 100g daging ikan tongkol terdapat 26g kandungan protein. Dengan mengkonsumsi ikan tongkol maka kebutuhan protein tubuh bisa terpenuhi.


  1. Sodium

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ikan tongkol mengandung sodium. Daging ikan tongkol memiliki zat sodium sebanyak 44 mg. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan cairan. Selain itu, zat ini juga bisa melancarkan pencernaan dengan baik dan memelihara metabolisme dalam tubuh.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Ikan Tongkol Yang Kaya Akan Manfaat! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: