15 Fakta Menarik Paus Pembunuh Yang Harus Kalian Ketahui!

Diposting pada

15 Fakta Menarik Paus Pembunuh Yang Harus Kalian Ketahui! – Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Sebenarnya orca tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena orca berukuran sangat besar, banyak yang menyebutnya sebagai ikan paus. Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.

Spesies terbesar keluarga lumba-lumba adalah paus pembunuh, akan tetapi karena ukurannya yang sangat besar dibanding lumba-lumba lain, banyak yang menyebutnya sebagai paus, spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Arktik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat.

Seguni merupakan pemangsa paling tinggi dilautan yang mana sebagian besarnya memangsa ikan, sementara kelompok lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar, pada 4 Oktober 1997 dilepas dipantai california dan amerika serikat, sekelompok pengamat paus yang sedang bepergian di pulau farallon telah merekam sebuah kejadian unik mengenai seguni yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut.

Pernyataan yang mengatakan bahwa Hiu merupakan pemangsa yang mengendalikan rantai makanan teratas di laut pun terpatahkan karena peristiwa itu, seguni hidup secara berkelompok, dimana mereka sering berburu bersama dengan anak-anaknya yang masih belajar berburu.

IUCN telah menetapkan status konservasi hewan ini sebagai tidak diketahui, karena beberapa paus pembunuh berbeda jenis, beberapa populasi lokal sudah terancam karena kehilangan habitat, pengaruh polusi, dan ditangkap untuk tujuan atraksi laut, serta terkadang munculnya konflik dengan nelayan.


Bentuk

Paus Pembunuh

Hewan ini umumnya memiliki punggung yang berwarna hitam, dada dan bagian samping tubuh putih, dan belang putih besar di belakang matanya, anaknya lahir dengan warna kulit kekuning-kuningan, yang nantinya berubah menjadi putih, seguni memiliki tubuh yang berat dan tegap dengan sirip punggung besar yang tingginya bisa mencapai 1,8 m (5,9 ft), hewan ini dapat tumbuh dengan rekor panjang jantan dewasanya dapat mencapai 9,8 meter, sehingga mereka dapat memakan ikan berukuran besar seperti hiu putih dengan mudah.


Kehidupan

Seguni umumnya memakan ikan dan anjing laut, hiu putih, serta hewan laut lainnya yang biasanya mencari makanan secara bersama-sama dimana satu kelompok (pod) dapat terdiri dari 100 ekor, hewan ini adalah salah satu mamalia tercepat di air dan dapat berenang dengan kecepatan 60 km/jam.

Hewan ini mempunyai hubungan sosial rumit mirip dengan lumba-lumba, hubungan sosial seguni hampir mirip dengan manusia, mereka dapat mengajarkan anak-anaknya berburu atau mencari sumber makanan lain bila sumber makanannya menipis, misalnya bila jumlah ikan menurun mereka akan mencoba mencari sumber makanan baru seperti hiu putih dan mereka akan mencoba cara untuk menaklukannya bila berhasil caranya akan diajarkan untuk anak-anaknya.


Hubungan Dengan Manusia

Seguni merupakan hewan yang tidak dianggap berbahaya terhadap manusia, tidak pernah tercatat adanya seguni yang menyerang manusia di lautan lepas, seekor seguni tercatat pernah menolong satu keluarga dari serangan hiu dan mendorong kapal ilmuwan yang tersesat ke dekat daratan, akan tetapi, tercatat bahwa seekor seguni bernama Tilikum dalam penangkaran SeaWorld Orlando menenggelamkan pelatih orca bernama Dawn Brancheau hingga tewas.

Hal ini disebabkan stres tinggi yang dialaminya, selain itu, seperti manusia, seguni juga sangat bergantung seumur hidupnya dalam lingkaran keluarga dan akan terus berada dalam kelompoknya dari lahir hingga mati, sehingga mengurungnya dalam kolam kecil seperti dalam SeaWorld dapat menyebabkan stres.


Klasifikasi Ikan Paus Orca

Klasifikasi Ikan Paus Orca

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Class: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Odontoceti
Famili: Delphinidae
Genus: Orcinus
Spesies: O. Orca


Morfologi Ikan Paus Orca

  • Panjang mencapai 9.5 m untuk jantan dan 7.5 m untuk betina. Bobot maksimum untuk jantan adalah 10 ton dan 7.5 ton untuk betina.
  • Mempunyai badan yang kuat, bentuk tubuh seperti torpedo dengan kepala berbentuk seperti corong, ujung mulut yang tumpul, namun dengan moncong yang susah dibedakan.
  • Ciri yang paling jelas adalah sirip dorsal yang tinggi dan tegak, dengan tinggi mencapai 0.9 m untuk betina dan 1.8 m untuk jantan.
  • Pada jantan bentuk sirip dorsalnya berbentuk segitiga sedangkan pada betina berbentuk seperti sabit.
  • Terdapat pola warna hitam dan putih merupakan warna khas dari spesies ini.
  • Rahang bawah, area dibawah fluks, dan pada ventral mulai dari ujung rahang bawah sampai pada daerah sekitar urogenital, merupakan daerah dengan pola berwarna putih.
  • Adanya pola putih berbentuk pelana dibelakang sirip dorsal.
  • Pola oval putih diatas dan dibelakang tiap mata, Selain area yang disebutkan tadi, seluruh warna tubuhnya adalah hitam.

Fakta Ikan Paus Pembunuh atau Ikan Paus Orca

Morfologi Ikan Paus Orca

  1. Paus Pembunuh Ternyata Mamalia Yang Bersahabat Dengan Manusia

Tidak pernah tercatat paus orca menyerang hingga memakan manusia dilautan, akan tetapi, paus orca pernah membunuh manusia pada tahun 1991, 1999 dan 2010 yang semuanya terjadi di dalam penangkaran bukan di lautan.

Paus orca juga sama dengan lumba-lumba lainnya dan sering digunakan sebagai pertunjukan karena mereka bersahabat dengan manusia, bahkan kisah mengenai paus orca yang bersahabat ini pernah dibuat film yaitu Free Willy pada tahun 1993. Akan tetapi tentu saja pada hakikatnya setiap hewan tinggal bebas di habitat aslinya dan menjadi tugas kita untuk membantu menjaga habitat mereka.


  1. Paus Pembunuh Adalah Hewan Sosial Dan Mempunyai Bahasa Sendiri

Paus pembunuh adalah hewan yang sangat sosial, paus pembunuh bisa berkumpul bersama untuk membentuk klan, mereka juga dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, mereka berburu dan tidur bersama, mereka berkomunikasi dengan lainya dan akan saling membantu saat mengalami masalah, bila salah satu anggota mati, sisanya diyakini berkabung.

Bahasa paus pembunuh adalah salah satu yang paling kompleks dalam kerajaan hewan, mereka menghasilkan peluit bernada tinggi, panggilan berdenyut, dan suara frekuensi rendah, peluit digunakan untuk komunikasi jarak dekat atau komunikasi pribadi sementara jika panggilan berdenyut digunakan untuk komunikasi jarak jauh, selain berkomunikasi melalui suara, paus pembunuh berkomunikasi melalui sentuhan dan melalui berbagai gerakan, seperti menepuk-nepuk siripnya.


  1. Paus Pembunuh Merupakan Hewan Mamalia Terpitar

Lumba-lumba merupakan hewan mamalia yang dapat menirukan suara manusia, sebuah penelitian dilakukan terhadap seekor paus betina bernama Wikie di Marineland Aquarium di Antibes, Prancis untuk mengetahui apakah paus orca juga bisa meniru suara makhluk lain.

Paus betina tersebut diajarkan untuk berbicara dan dalam rekaman terdengar ia menirukan kata satu, dua, tiga dan juga halo, dalam kawanannya paus orca juga mempunyai teknik berburu yang canggih, dengan kecerdasan yang dimiikinya, paus orca memiliki tingkat keberhasilan berburu yang tinggi.


  1. Paus Pembunuh Dengan Penyebaran Terbesar Dari Hewan Laut Lainnya

Paus pembunuh dapat ditemukan di semua samudra di dunia, di perairan hangat dan dingin, bahkan di perairan yang membekukan, bagaimana mereka bisa selamat dari kedinginan? Mereka memiliki lapisan lemak tebal di bawah kulit mereka, yang disebut blubber.

Walau populasi mereka besar dan terdistribusi secara merata diseluruh samudra serta tidak ada perburuan terhadap mereka dalam skala besar, ini tidak menjamin bahwa paus pembunuh tidak akan punah, mereka mudah terserang polusi dan populasi mereka juga dapat turun jika mereka kesulitan mencari mangsa akibat polusi.


  1. Paus Pembunuh Pernah Memangsa Sejenis

Mengapa disebut paus pembunuh karena itu pernah disebut pembunuh paus oleh pelaut yang melihatnya menyerang paus, seiring waktu nama itu terbalik.


  1. Paus Pembunuh Hidup Dengan Berkelompok

Paus orca termasuk ke dalam hewan yang hidup berkelompok, hubungan sosial mereka layaknya seperti manusia, bukan hanya berburu bersama, tapi mereka juga saling membantu satu sama lain, seperti baru-baru ini dikabarkan bahwa seekor paus orca betina yang mendorong jasad bayinya selama 6 hari di lautan pasifik. Bayi yang baru saja dilahirkannya tersebut hanya mampu bertahan selama setengah jam dan si induk menolak untuk melepaskan bayinya, bukan hanya itu, kawanan kelompoknya pun tetap berenang bersama si induk.


  1. Paus Pembunuh Tidak Bisa Mencium Bau

Paus pembunuh tidak memiliki organ penciuman atau cuping otak yang didedikasikan untuk berbau sehingga diyakini bahwa mereka tidak dapat mencium bau, akan tetapi, mereka memiliki indera penglihatan dan pendengaran yang baik, mereka bisa mendengar lebih baik dari pada anjing dan bahkan kelelawar.


  1. Paus Pembunuh Terbesar Yang Pernah Ditemukan Mencapai Panjang 9,8 Meter

Sungguh benar-benar besar, sepanjang bus sebagai perbandingan, beratnya sekitar 10 ton atau 9.979 kilogram, atau setara gajah Afrika, biasanya, paus pembunuh memiliki panjang antara 4,9-9,1 meter dan berat sekitar 3-6 ton atau sekitar 2.722-5.557 kilogram, laki-laki lebih besar dari betina, bahkan, saat lahir, paus pembunuh sudah berusia sekitar 2,4 meter dan beratnya 181 kilogram-400 kilogram, tidak heran jika paus pembunuh menjadi predator terbesar di dunia.


  1. Paus Pembunuh Paling Tua Diketahui Berumur 103 Tahun

Paus pembunuh hidup lama, lebih dari 90 tahun, betina hidup lebih lama dari pada jantan, paus pembunuh sering meninggal karena usia tua atau sakit.


  1. Paus Pembunuh Bahkan Mampu memangsa Seekor Ikan Hiu Besar

Awalnya semua orang mengira bahwa hiu merupakan predator puncak pada rantai makanan di lautan, akan tetapi aggapan itu dipatahkan pada tahun 1997 di California ketika seekor Paus Orca yang menyerang seekor hiu putih dewasa dan memakannya, dengan panjang paus orca yang bisa mencapai 10 meter, tentu tidak mengalami kesulitan dalam memakan seekor hiu.


  1. Paus Pembunuh Juga Merupakan Mamalia tercepat di Lautan

Jika cheetah merupakan mamalia tercepat di daratan, Paus orca merupakan mamalia tercepat di lautan, paus orca mampu berenang dengan kecepatan maksimal 55 km/jam yang menguntungkan mereka dalam berburu makanan.


  1. Di Alam Liar, Paus Pembunuh Tidak Pernah Tercatat Membunuh Manusia

Tidak ada paus pembunuh yang diketahui menyerang, apalagi makan manusia di alam bebas, sementara di penangkaran, lain cerita, beberapa pelatih dan pegawai taman air laut telah diserang oleh paus pembunuh, dan di antaranya terbunuh, akan tetapi, para ilmuwan mengklaim bahwa ini disebabkan oleh tekanan pada bagian tubuh paus pembunuh yang membuatnya bertindak agresif, paus pembunuh bernama Tilikum diketahui telah membunuh tiga pelatih berbeda pada tahun 1991, 1999, dan 2010.


  1. Paus Pembunuh Tidur Menggunakan Satu Matanya Saja

Sudah banyak yang salah mengira bagian putih dari ikan paus itu adalah matanya, padahal bukan, mata paus pembunuh memiliki letak yang tidak berbeda jauh dengan mata lumba-lumba lainnya, dan seperti lumba-lumba lainnya, paus pembunuh tidak bisa sepenuhnya tidur karena mereka harus naik ke permukaan untuk bernapas sesekali. Sebaliknya mereka tidur hanya dengan setengah dari otak mereka, jika mata kiri paus pembunuh terbuka, itu berarti sisi kanan otaknya sudah terjaga dan yang lainnya tertidur, dan sebaliknya.


  1. Paus Pembunuh Berburu Dengan Berkelompok dan Mencapai Tingkat Keberhasilan Yang Tinggi

Paus pembunuh adalah karnivora, mereka makan ikan, termasuk hiu putih, cumi, kepiting, lobster, anjing laut, singa laut, dugong, burung laut, penguin, kura-kura laut dan tentu saja, paus, termasuk paus sperma bayi dan paus biru bayi dan menurut para ilmuwan mereka juga akan makan beruang kutub jika ada kesempatan!. Paus pembunuh berburu dalam kelompok yang didukung dengan kecerdasan mereka, paus pembunuh memiliki tingkat keberhasilan berburu yang tinggi.


  1. Paus Pembunuh Bukan Ikan, Bahkan Bukan Pula Ikan Paus, Melainkan Mamalia

Paus pembunuh bukanlah ikan, mereka adalah mamalia laut, akan tetapi, paus pembunuh juga bukanlah paus, paus pembunuh adalah sejenis lumba-lumba, jenis lumba-lumba yang terbesar, mungkin karena ukurannya yang besar, mamalia ini disebut paus.


Mengapa Paus Orca Disebut Paus Pembunuh dan Apakah dia Berbahaya?

Paus orca dikenal dengan sirip dorsal yang terletak di punggungnya, ini yang membuat paus orca dikenali jika muncul ke permukaan laut, paus orca bukanlah keluarga paus, Sebenarnya, ia adalah keluarga lumba-lumba atau Delphinidae. Paus orca merupakan spesies terbesar dalam keluarga lumba-lumba, karena beratnya mencapai 6 ton dan bisa tumbuh sepanjang 7 – 9 meter, ia juga punya gigi yang tajam yang bisa tumbuh sampai 10 sentimeter, teman-teman, ada pendapat yang mengatakan alasan paus orca disebut paus pembunuh.

Konon, ketika masa-masa pelaut di Australia memburu paus, paus orca membantu mereka berburu dan menemukan paus-paus lain, nah, kemudian kata ‘whale killer’ yang artinya pembunuh paus, terbalik menjadi ‘killer whale’ atau paus pembunuh yang banyak didengar orang.

Sebenarnya, paus orca tidak memburu manusia, melainkan mamalia lain yang ada di laut, misalnya paus, singa laut, dugong, anjing laut, bahkan seeokor ikan hiu besar. Ia juga suka memburu ikan, gurita, cumi-cumi, dan burung laut yang berada dekat permukaan, bahkan, ia juga dapat menyerang hiu putih yang ganas.

Yap, dengan tubuh yang besar, gigi panjang yang tajam, dan kemampuan berburu yang baik, paus orca termasuk salah satu predator tingkat satu di Bumi, mereka memiliki kemampuan echolocation untuk mengetahui letak makanan di laut, makanya paus orca sangat jago berburu, nah, inilah mengapa nama paus orca dikenal sebagai paus pembunuh.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 15 Fakta Menarik Paus Pembunuh Yang Harus Kalian Ketahui! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel tenang :

Save